Beranda Headline Diduga Kepsek SMAN 1 Kota Gajah Dasiyo Merangkap Komite Lakukan Pungutan Liar...

Diduga Kepsek SMAN 1 Kota Gajah Dasiyo Merangkap Komite Lakukan Pungutan Liar Kepada Wali Murid

| 330

Kota Gajah, Lamteng Tabir News.com – Terkait penarikan uang penitipan biaya operasional sekolah di SMA Negeri 1 Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah untuk awal semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan total keseluruhan uang mencapai Rp. 972 Juta yang diduga merupakan hasil pungli (Pungutan Liar), Kepsek Drs. H. Dasiyo P,M.Pd naik pitam.Tiba-tiba dirinya mendadak naik pitam, dengan nada suara tinggi Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah Drs. H. Dasiyo P,M.Pd mengusir wartawan untuk keluar dari ruang kerjanya.

“Maunya apa sekarang. Keluar sekarang, sekarang juga panggil Polisi,” ujar Dasiyo sambil menepuk meja dengan nada tinggi saat dikonfirmasi Wartawan diruang guru sekolah setempat, di Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah, Jum’at (19/10/2018) lalu.

Sebelumnya, dugaan pungli ini terungkap berdasarkan surat edaran kepada wali murid dengan Nomor: 420/409/04/C.2/D.1/2018 perihal pelaporan siswa kelas XI dan kelas XII, yang ditandatangani Kepala SMAN 1 Kotagajah Drs. H. Dasiyo P,M.Pd pada tanggal 11 Juli 2018 yang seharusnya menggunakan cap stempel sekolah, namun surat tersebut justru menggunakan cap stempel Komite sekolah.

Rincian pungutan yang disebut-sebut sebagai biaya operasional sekolah tersebut, masing-masing siswa untuk kelas XI Rp. 1.405.000,-per siswa dan kelas XII Rp. 1.355.000,- per siswa.

Dengan rincian uraian biaya sebagai berikut: Bantuan operasional bulan Juli dan Agustus 2017 untuk kelas XI Rp. 350 ribu dan kelas XII Rp. 310 ribu, bantuan operasional fisik tahap 1 untuk kelas XI dan XII Rp. 500 ribu.
Selain itu, untuk Iuran Osis 1 Tahun untuk kelas XI dan XII Rp. 500 ribu, Asuransi siswa 1 tahun untuk kelas XI dan XII Rp. 20 ribu, dan majalah sekolah (Diksi) 1 Tahun untuk kelas XI dan XII Rp. 35 ribu.Dari hal tersebut banyak kalangan masyarakat menilai bahwa surat edaran pihak SMAN 1 Kotagajah terindikasi sarat pungli. Pasalnya, tertulis dalam surat yang ditandatangani Drs. H. Dasiyo P,M.Pd pihak telah menetapkan jumlah uang dan menentukan batas pembayarannya.

Bagaimana tanggapan pihak terkait dan dugaan modus pungli dan korupsi lainnya yang selama ini terjadi di SMAN 1 Kotagajah semenjak dipimpin Drs. H. Dasiyo P,M.Pd, tunggu berita selengkapnya edisi mendatang.

 

Laporan : Abdulah/Team.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here