Beranda Headline Diduga “Dana Bos” SMK Wiratama Kota Gajah Lamteng, “Jadi Lahan “KORUPSI Dan...

Diduga “Dana Bos” SMK Wiratama Kota Gajah Lamteng, “Jadi Lahan “KORUPSI Dan PUNGLI” Oleh Oknum Kepsek

| 852

KOTA GAJAH-LAMPUNG TENGAH-TABIRNEWS-TN- Minimnya pengawasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung terhadap penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Khususnya di Wilayah Kabupaten Lampung Tengah ini menjadikan anggaran tersebut dari Kemendikbud sangat rawan di Korupsi.

Berdasarkan informasi dan Keterangan dari Beberapa Sumber yang patut dipercaya yang Enggan namanya di tuliskan mengungkap bahwa, dalam Realisasi pengunaan dana Bos (Bantuan Operasional Sekolah), tahun 2017- 2018 di SMK Wiratama Kota Gajah Lampung Tengah Diduga kuat, telah banyak terjadi Penyimpangan dan Pelanggaran serta KKN,yang berpotensi dapat merugikan Keuangan Negara hingga Ratusan Juta Rupiah,yang di Jadikan semacam lahan Korupsi bagi Oknum kepala SMK Wiratama Kota Gajah untuk memperkaya dirinya sendiri.

Lebih lanjut dikatakan Sumber, Modus yang dilakukan oleh Oknum Kepsek SMK Wiratama Kota Gajah ini, diduga Kuat telah melakukan Mark-up Anggaran dengan cara memperbanyak dan memperbesar anggaran pada sejumlah komponen Aitem pengeluaran biaya Oprasional kegiatan sekolah yang bersumber dari Dana Bos Sehingga, Kucuran dana ratusan juta rupiah dari Kemendikbud bisa terserap habis tanpa ada sisa sedikit pun.

Namun setiap kali ada rapat dengan Orang tua wali murid, Pihak sekolah SMK Wiratama pun tidak pernah menyampaikan atau membahas yentanh Oudt Pudt dana BOS yang di terima oleh sekolah dan didalam Realisasi Pengunaannya, “..Inikan Jadi Aneh,Tanya Nya…!!!?

Bahkan lanjut Sumber, hingga saat ini pun masih terdapat berbagai jenis dugaan PUNGLI,yang marak terjadi di SMK Wiratama Kota Gajah diantara nya, Pembayaran uang daftar ulang, Pembayaran uang seragam sekolah, Pembayaran uang SPP, Pembayaran uang sumbangan Komite, Pembayaran uang Ulangan mit Semester, Pembayaran Uang Perpisahan, pembayaran uang ujian dll,

Menurut sumber, dalam pengelolaan dana Bos di SMK Wiratama diduga tidak mengacu pada petunjuk teknis (JUKNIS), serta terkesan sangat tidak transparan dan ankutabel, penggunaan dananya tidak didukung dengan bukti bukti yang memadai serta Untuk pembelian kebutuhan di sekolah pun tidak diyakini Kebenarannya dan dalam setiap  penggunaan dana BOS di SMK Wiratama Kota Gajah ini,Beberapa pengeluaran biaya kebutuhan sekolah diduga banyak terjadi kelebihan pembayaran, Bahkan juga terdapat beberapa pembelanjaan fiktif..”Jelasnya.

Kemudian terdapat duplikasi pembayaran atas pengeluaran disejumlah komponen dana BOS Tahun 2018.

Khususnya pada pengeluaran dengan rincian kegiatan pembelajaran dan Ekstrakurikuler, kegiatan Evaluasi Pembelajaran, pengelolaan sekolah, Langganan daya dan Jasa, Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah, Penyelenggaraan kegiatan uji Kompetensi dan sertifikasi kejuruan dan Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK atau Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)Praktek Kerja Lapangan (PKL) didalam Negeri maupun Pemagangan.

“…Bisa di cek langsung ke sekolah itu untuk disesuaikan, Apakah setiap pengeluaran dana keperluan kegiatan di SMK Wiratama itu memang benar-benar ada, atau hanya mengada-ada…”Katanya.

Dalam menjalankan aksinya, Oknum Kepsek ini diduga melibatkan Bendahara SMK Wiratama untuk kongkalikong melakukan MARK-UP biaya operasional disetiap komponen dana BOS sehingga bisa meraup keuntungan yang lebih besar..”Ungkapnya.

Selain itu, pihak SMK Wiratama Kota Gajah, mengelola dana BOS, selama ini terkesan tidak transparan. indikasinya tidak memasang papan informasi tentang dana BOS,Oleh karena itu, aparat penegak hukum diharapkan bisa segera turun tangan untuk melakukan penyelidikan sebagai upaya pencegahan dugaan korupsi di sekolah tersebut.

“Jangan sampai tindakan KORUPSI mengancam dunia pendidikan. Sebab, di khawatirkan hal ini bisa berdampak besar yang timbul jika lembaga pendidikan dibumbui oleh perilaku culas seperti KORUPSI, KOLUSI dan NEPOTISME (KKN), “Jangan harap generasi penerus bangsa akan berkembang dan beriklim cerdas..” Pungkasnya.

-Bagaimana tanggapan dari Kepala SMK Wiratama Kota Gajah, Terkait Pemberitaan dugaan KORUPSI dan MARK-UP Anggaran ini, Tunggu Edisi Mendatang-

Laporan: KHOLIDI/RED TN/TEAM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here