Beranda Sumatera DPRD Tebo dengan Pemkab Gelar Musrenbang RKPD TA 2021

DPRD Tebo dengan Pemkab Gelar Musrenbang RKPD TA 2021

| 292

Tebo, Tabirnews.com – DPRD Kabupaten Tebo bersama Pemkab Tebo melaksanakan Musrebang RKPD TA 2021 yang digelar secara terpisah dengan menggunakan komunikasi konfrensi video, Kamis (09/04/2020).

Pelaksanaan Musrenbang ini walaupun di tengah fenomena pandemi Covid-19 tetap dilaksananakan Musrenbang merupakan Amanat UU No. 25 Tahun 2004 dan Permendagri No. 86 Tahun 2017. Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan oleh hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dampak ekonomi adalah yang utama yang mengganggu semua rencana serta aktifitas masyarakat.

Diawali dengan keterangan Bupati Sukandar dalam membuka konferensi video, Indonesia mengalami penurunan diberbagai sektor. Pendapatan Indonesia diprediksi akan mengalami penurunan menjadi 78,9 % dari APBN 2020 atau senilai 1761 triliun.

Berbanding terbalik dengan pendapatan, Bupati Sukandar mengatakan bahwa lonjakan belanja negara akan mengalami kontraksi yang signifikan di tengah cobaan wabah ini.

“Namun kontraksi belanja mengalami lonjakan kurang lebih 102,9 triliun dari target APBN 2020. Hal tersebut berdampak pada defisit APBN 2020 yang ditargetkan 1,76 % dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang sebesar 307 triliun akan melebar menjadi 853 triliun atau 5,07 % dari PDRD.” jelas beliau.
Situasi tersebut dijelaskan lebih lanjut oleh Bupati Sukandar akan tergantung situasi dan kondisi pendemi ke depannya. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap aktifitas masyarakat di berbagai sektor.

Sedangkan DPRD Tebo yang hadir pada saat Musrenbang mendengarkan dan mengikuti semua penjabaran yang disampaiakan oleh Bupati dan OPD yang ada. DPRD Tebo menekankan agar ditingkatkan optimalisasi anggaran dan mengikuti aturan yang ada, apalagi dalam masa pandemi Covid-19. Tampak hadir pada Musrenbang tersebut Ketua DPRD Tebo Mazlan, S. Kom, Wakil Ketua I Syamsu Rizal dan Wakil Ketua II Aivandri serta para anggota DPRD Tebo, Bupati Tebo, H. Sukandar, S. Kom., M. Si., bersama Wakil Bupati, Syahlan, SH, Plh. Sekda dan Kepala Bakeuda serta diikuti oleh Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Dr. Doni Iskandar, S. Sos., MT, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Bagian serta Camat di tempat yang berbeda. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here