Beranda Sumatera Merangin Kapolres Merangin Razia Peti Gabungan

Kapolres Merangin Razia Peti Gabungan

| 515

Merangin, Tabirnews.com – Sebagaimana program Kapolda Jambi zero Ilegal Polres Merangin gelar razia gabungan terhadap aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), pada Selasa (21/7/2020) kemarin.

Kali ini razia dilakukan terhadap aktivitas di Dusun Padang Lalang, Desa Biuku Tanjung Kecamatan kecamatan Bangko Barat kabupaten Merangin Jambi.

Dalam razia kali ini dipimpin langsung Kapolres Merangin AKBP Mohamad Lutfi, S.IK  bersama Kabag Ops Kompol Pamenan, Kasat Reskrim AKP Dhadhag Anindito, SH, S.IK, Kanit Tipidter Ipda Supranata, SH beserta anggota, Kasat Sabhara IPTU E.Y. Ritonga, SE beserta Anggota, KBO Rezi Darwis, SH, Sat Intelkam beserta Anggota, Kapolsek Sungai Manau beserta Anggota dan Kapolsek Bangko beserta Anggota.

Kapolres Merangin, AKBP Mohamad Lutfi menuturkan, untuk menjangkau lokasi tidak lah mudah. Pihaknya harus berjalan kaki melewati semak belukar untuk menuju ke lokasi PETI yang berada di aliran sungai Salam Buku Dusun Padang Lalang Desa Biuku.

Hanya saja, sesampai di lokasi para pelaku PETI sudah kabur. Diduga sudah mengetahui kedatangan Polisi. Sementara semua peralatan tambang masih terlihat baru saja dipakai.

Diduga pemilik lokasi dan peralatan Penambang Emas Tanpa Izin (Peti) dilokasi Peti tersebut adalah sdr Toro warga Desa Biuku Tanjung Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin.

“Pekerja hanya meninggalkan peralatan, berupa mesin pompa, mesin sedot, dan peralatan lain di lokasi tersebut. Langsung kami musnahkan di lokasi dengan cara dibakar,” ucap Kapolres.

Selain dibakar, sejumlah peralatan lain juga dirusak dan dipotong. Cara itu diasumsikan,agar jika nantinya para pekerja PETI kembali ke sana tidak dapat melanjutkan aktivitasnya.

Kapolres menegaskan, pihak kepolisian polres merangin akan terus memberikan imbauan kepada masyarakat terutama melalui peran Bhabinkamtibmas untuk tidak melakukan aktivitas PETI. Sebab kegiatan PETI dapat menimbulkan kerusakan alam.

“Kami masih akan terus memberantas aktivitas PETI ini, sebagaimana program Kapolda Jambi yakni Zero Illegal,” ungkap Kapolres.

“Siapapun yang melakukan aktivitas penambangan emas tanpa izin ini, baik pemilik lahan, pekerja maupun siapa saja yang menfasilitasi aktivitas ini akan kami tindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” tutup Kapolres. (sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here