Beranda Headline “Tingkatkan Mutu Pendidikan SDN.2 Metro Selatan,Terapkan Asesmen Nasional Pembelajaran”

“Tingkatkan Mutu Pendidikan SDN.2 Metro Selatan,Terapkan Asesmen Nasional Pembelajaran”

| 99

BREAKING NEWS–METRO–Tabirnews.com–Kepala sekolah Sekolah Dasar Negri 2 Metro Selatan, Zuriyah S.pd dan dewan guru terapkan Program Asesmen Nasional Pembelajaran, supaya mutu Sekolah Dasar (SD), dalam program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar. Literasi, numerasi siswa dan mengajarkan karakter yang baik dari sedini mungkin.

Dalam meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar,” Ujar Zuriyah.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, kata Kepala Sekolah, SDN 2 Metro Selatan, saat ditemui awak media strateginews.co, Senin tanggal (18/10/2021).

Walaupun pasilitas belum memadai dengan komputer terbatas yang ada di SDN 2 Metro, tetapi Sekolahan kami ini tetap menjalankan Asesmen Nasional Pembelajaran, meskipun siswa masih banyak yang membawa laptop masing-masing dari rumah,” paparnya.

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu. (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar-kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antar-kelompok berdasarkan atribut tertentu,” imbuhnya.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran,” tutup Kepal Sekolah.

LAPORAN KHUSUS : TEAM TABIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here