TERPERCAYA MENYINGKAP BERITA

TULANG BAWANG, Tabirnews.com– Anggaran Dana Desa (DD) Tiuh Kecamatan Batu putih Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2020 sampai tahun 2022 Diduga banyak penyimpangan anggaran dan penerapan anggaran terindikasi fiktif.

Menurut keterangan narasumber yang namanya enggan di publikasikan kepada awak media mengatakan,”Disini banyak kegiatan yang diduga fiktif mas, coba mas cek aja dulu tiuh kami ini biar semuanya bisa jelas, karena selama ini untuk keterbukaan dalam penggunaan dana, dari aparatur tiuh sangatlah sulit, kami selaku masyarakat ingin semuanya dapat terungkap dan bisa memberikan efek jera kepada Oknum-Oknum Aparatur tiuh, khususnya Tiuh Margo dadi agar kedepannya Tiuh kami ini bisa lebih maju dan sejahra.”Katanya.

Menyikapi hal tersebut, Tim awak media melakukan investigasi ke lapangan guna untuk mencari kebenaran dan pembuktian berikut keterangan-keterangan dari beberapa narasumber yang mendapatkan dana tunjangan / insentif dari anggaran dana Tiuh baik dari tahun 2020 sampai tahun 2022.
Hasil investigasi di lapangan Tim awak media mendapatkan bukti keterangan-keterangan dari beberapa narasumber terkait penyaluran anggaran di beberapa Item bidang-bidang yang tertuang di dalam APBT baik dari tahun 2020 sampai tahun 2022, di temukan banyak terindikasi penyalah guna anggaran yang diduga di lakukan oleh oknum Kepalou Tiuh dan aparatur nya untuk mencari keuntungan pribadi dari anggaran dana desa tersebut.

Item-Item Bidang – Bidang Yang Diduga Mark’Up Anggaran dan Fiktif.
1.Bidang Pembangunan.
2.Bidang Pemberdayaan Masyarakat.
3.Bidang Pembinaan Masyarakat.
Contoh:

Prasarana Aset Tetap Perkantoran,
Ketahanan pangan,

Tunjangan/Insentif Kader Kesehatan. Tujangan/Insentif,PAUD / TK / TPA Milik Desa,

Makanan Tambahan,

Pengadaan Sarana Prasarana Kesehatan dan Lain-Lain.

Selain mengumpulkan data-data hasil keterangan dari Narasumber yang berkaitan dengan Tunjangan/Insentif yang di peroleh dari anggaran Dana Desa(DD) tersebut,Tim awak media Menyambangi Kantor Balai Tiuh setempat,” tanggal 10/02/2023. dengan harapan bisa berjumpa dengan Kepalou Tiuh dan Sekertaris tiuh untuk mengkonfirmasi terkait adanya temuan di lapangan,
sesampainya Tim Awak media di Balai Tiuh, Kepalou Tiuh dan Sekertaris tiuh tidak berada di tempat, Menurut salah satu stap yang berada di kantor menjelaskan bahwa kepalou Tiuh memang tidak ada di kantor balai Tiuh. ujarnya.
Tim Awak media kembali mendatangi dikediamanya pada hari Rabu 22/3/2023, Saat di konfirmasi terkait laporan realisasi beberapa kegiatang pengelolaan dana Tiuh yang disusun dalam APBT pada tahun anggaran 2020 sampai 2022, (AB) menjelas kan dengan nada yang gemetar dan lemas semua item item kegiatan yang sudah kami anggar kan itu sudah kami realisasi kan semua sesuwai dengan program program yang sudah di musawarah Tiuh ,” urainya

selanjutnya akan di terbitkan kembali secara bergulir sampai ke Aparat Penegak Hukum. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *