Beranda Headline “Lemah di iringi Lalai” Pengawasan Dari Dinas Terkait,Diduga Picu Langkah Transparansi “DANA...

“Lemah di iringi Lalai” Pengawasan Dari Dinas Terkait,Diduga Picu Langkah Transparansi “DANA BOS” disekolah SD,SMP, Kota Pendidikan Metro”

| 426

KOTA METRO-LAMPUNG-INDONESIA- TABIRNEWS (TN) – Lemahnya pengawasan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Disdikbud) setempat Picu langkanya transparansi dana BOS SD dan SMP di KOTA METRO.20/Maret/2019.

Hal ini adalah hasil survei Media Cetak dan Online TABIRNEWS-TN bersama Ketua INVESTIGASI LEMBAGA TIPIKOR PUSAT dan Ketua PWRI KOTA METRO di lapangan, walau pihak Dinas terkait sering melaksanakan sosialisasi terkait dana Bantuan Operasional Sekolah  (BOS), akan tetapi terkait kewajiban Sekolah yang menerima bantuan tersebut harus mengutamakan transparansi dan angkuntabel, hal ini menjadi tugas pihak Disdikbud Kabupaten/Kota menyampaikan kepada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta.

Tujuan Bantuan Operasional Sekolah SD dan SMP,Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu, serta berperan dalam mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada satuan pendidikan – satuan pendidikan yang belum memenuhi SPM, dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan – satuan pendidikan yang sudah memenuhi SPM.

Secara khusus program BOS SD dan SMP bertujuan untuk:1. Membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SD-SMP Satap/SMPT negeri terhadap biaya operasi satuan  pendidikan; 2.Membebaskan pungutan seluruh peserta didik miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di satuan pendidikan negeri maupun swasta;3.   Meringankan beban biaya operasi satuan pendidikan bagi peserta didik di satuan pendidikan swasta.

Sementara itu, ada 16 tugas dan tanggung jawab sekolah penerima dana BOS, yaitu :mengisi,mengirim dan meng-update data pokok pendidikan di Dapodikdasmen memastikan data yang masuk di Dapodikdasmen sesuai dengan kondisi riil memverifikasi jumlah dana yang diterima dengan data siswa yang ada mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan RKAS di papan pengumuman sekolah mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman sekolah.

Menginformasikan secara tertulis rekapitulasi penerimaan dan penggunaan dana BOS kepada orang tua siswa bertanggung jawab atas penggunaan dana BOS yang diterima membuat form register penutupan kas dan berita acara pemeriksaan kas membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS Triwulanan di tiap akhir triwulan dan disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit
memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan ke laporan online.

Membuat laporan tahunan penggunaan dana BOS untuk diserahkan ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota melakukan pembukuan secara tertib memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat memasang spanduk bebas pungutan menjelang dan selama masa PPDB sekolah negeri wajib melaporkan hasil pemberian barang investasi dari dana BOS ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota menandatangani surat pernyataan tanggung jawab penggunaan dana BOS.

“PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 80 TAHUN 2015″

4. Tugas dan Tanggung Jawab Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota
a. Melatih, membimbing dan mendorong satuan pendidikan untuk memasukkan data pokok pendidikan dalam sistem pendataan yang telah disediakan oleh Kemdikbud;b. Melakukan monitoring perkembangan pemasukan/updating data yang dilakukan oleh satuan pendidikan secara online;c. Memverifikasi kelengkapan data (jumlah peserta didik dan nomor rekening) di satuan pendidikan yang diragukan tingkat akurasinya.Selanjutnya meminta satuan pendidikan untuk melakukan perbaikan data melalui sistem Dapodikdasmen;d. Kepala SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai penanggung jawab Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota menandatangani Naskah Perjanjian Hibah (NPH) mewakili satuan pendidikan dasar;e. Memberikan sosialisasi/pelatihan kepada satuan pendidikan, Komite Sekolah dan masyarakat tentang program BOS termasuk melalui pemberdayaan pengawas sekolah;f. Mengupayakan penambahan dana untuk satuan pendidikan dan untuk manajemen program BOS dari sumber APBD;g. Melakukan pembinaan terhadap satuan pendidikan dalam pengelolaan dan pelaporan dana BOS;h. Memantau pelaporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS, k. Melakukan monitoring pelaksanaan program BOS di satuan pendidikan termasuk dengan memberdayakan pengawas sekolah sebagai Tim Monitoring Kabupaten/Kota;

l. Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat;
m. Memverifikasi sekolah kecil yang memenuhi syarat untuk diusulkan ke Tim BOS Provinsi agar memperoleh alokasi dana BOS minimal.
5. TataTertib Yang Harus Diikuti Oleh Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota
a. Tidak diperkenankan melakukan pungutan dalam bentuk apapun terhadap satuan pendidikan;
b. Tidak diperkenankan melakukan pemaksaan dalam pembelian barang dan jasa dalam pemanfaatan dana BOS dan tidak mendorong satuan pendidikan untuk melakukan pelanggaran terhadap ketentuan penggunaan dana BOS;
c. Dilarang bertindak menjadi distributor atau pengecer buku/ barang.

Struktur Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota diatas dapat disesuaikan di daerah masing-masing, dengan mempertimbangkan beban kerja dalam pengelolaan program BOS. Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota ditetapkan dengan surat keputusan Bupati/Walikota.

Sekretariat Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota berada di Kantor SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota. baik yang secara offline maupun yang secara online oleh satuan pendidikan; i. Menegur dan memerintahkan satuan pendidikan yang belum membuat laporan;j.Mengumpulkan dan merekapitulasi laporan realisasi penggunaan dana BOS dari satuan pendidikan, selanjutnya melaporkan kepada Kepala SKPD Pendidikan Provinsi paling lambat 10 Januari tahun berikutnya;

Jelas dalam peraturan diatas apabila ada pelanggaran di Sekolah maka pihak Dinas terkait ikut bertanggung jawab terutama dalam bentuk transparansi terhadap masyarakat terutama wali murid.

Laporan – ABDULLAH TABIR/Team.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here