Beranda Headline “MULAI TERCIUM AROMA”DUGAAN KORUPSI DANA BOS HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH DI SMK...

“MULAI TERCIUM AROMA”DUGAAN KORUPSI DANA BOS HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH DI SMK PGRI 2 JAMBI TAHUN 2018″

| 330
“MULAI TERCIUM AROMA”DUGAAN KORUPSI DANA BOS HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH DI SMK PGRI 2 JAMBI TAHUN 2018″

KOTA JAMBI -INDONESIA-TABIRNEWS (TN)- “NAMPAK SUDAH TERCIUM AROMA DUGAAN KORUPSI DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH  (BOS) HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH DI SMK PGRI 2 JAMBI PADA TAHUN 2018”

Menurut informasi data yang akurat, pada saat pencairan dana BOS, Triwulan  (TW) 1 dan 3 tahun 2018 pihak SMK PGRI 2 JAMBI DIDUGA KUAT telah mencairkan dana lebih hingga ratusan juta rupiah, dan sampai saat ini dana kelebihan tersebut tidak di kembalikan ke kas Negara.

Menurut Juklak/Juknis BOS apa bila pada saat pencairan dana ada kelebihan dana maka akan diperhitungkan pada triwulan berikutnya, akan tetapi apa bila pada triwulan 4 masih ada kelebihan dana BOS yang tersalurkan / dicairkan, maka pihak sekolah tersebut harus mengembalikan dana selambat-lambatnya pada akhir januari tahun berikutnya.

Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh pihak SMK PGRI 2 JAMBI, Dana ratusan juta rupiah tersebut, yang memang bukan haknya tidak dikembalikan, malah hal itu ber ulang kali terjadi dengan dana berlebih dari yang seharusnya di Terima oleh sekolah tersebut

Pada saat dimintai keterangan/di konfirmasi, Kepala SMK PGRI 2 JAMBI pada hari Kamis 25 Juli 2019 sekira pukul 10 Wib di ruang kerjanya, Muhri membenarkan terkait data jumlah pencairan dana BOS yang Diduga terdapat kelebihan dana yang dicairkannya pada tahun 2018, namun Muhri mengatakan akan koordinasi kepada dinas terlebih dahulu.

“Saya akan koordinasi terlebih dahulu” kata Muhri, “Kalau memang dana tersebut harus dikembalikan maka akan saya kembalikan, karena saya tidak tau kalau dana tersebut lebih”. Ucap Muhri.
Dari hasil jawaban konfirmasi hal yang diatas, tepat pada jam 19:15 wib malam ini kepada tim TN melalui via Whatsapp.
“SETELAH BER KOORDINASI DENGAN TIM PENGELOLA DANA BOS SMK PGRI 2,BERDASARKAN DATA2 DAN REKENING KORAN YANG MASUK, BAHWA TIDAK ADA KELEBIHAN DANA MASUK. BERARTI DANA MASUK SUDAH SESUAI DENGAN JUMLAH SISWA. TKS “Jawaban dari kepala sekolah SMK PGRI 2 JAMBI.

Dengan adanya balasan konfirmasi dari pihak sekolah diatas, maka demi untuk meluruskan kebenaran, dengan data yang dimiliki tim investigasi LPI Tipikor, maka kami akan melaporkan atas dugaan ini ke penegak hukum..”Ujar Joko Waluyo S.H,Dengan Nada Geramnya.

Namun jika dilihat dari laporan/rekapitulasi penggunaan per komponen sekolah tersebut, jelas terlihat dengan dana yang di salurkan dengan dana yang di gunakan/di belanjakan. pada Triwulan I tahun 2018 dana yang tersalur Rp. 289.240.000, Namun di cairkan Rp. 444.470.000,

Dan didigunakan/dibelanjakan Rp. 444.465.147.”Artinya dana tersebut berlebih.Dan dalam rekapitulasi per komponen nya juga ada dugaan murk up di item no: 8 (pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah), Yang tiap triwulan nya dianggarkan dengan nominal yang cukup Signifikan.dari Rp-23jt hingga Rp. 150jt an lebih, dengan nominal tersebut sudah seharusnya keadaan sekolah tidak seperti apa yang kami lihat di lapangan saat ini..” Ujar Joko Waluyo. SH

Dengan ini, maka Kami meminta kepada pihak dinas terkait agar dapat menindaklanjuti terkait DUGAAN ini,agar benar-benar ada nya transparansi nya dan akun tabel nya penggunaan Dana BOS disekolah tersebut, sebagaimana yang di program kan pemerintah dan sebagaimana yang di atur oleh juknis/ juklak terkait DANA BOS..”Tutup Joko Waluyo S.H.

LAPORAN KHUSUS : (Team Lipsus TN  Provinsi Jambi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here