Beranda Headline “LEMBAGA ADAT KENEGERIAN TAPUNG (LAKTA) MENGGELAR  RAPAT KERJA PERDANA”

“LEMBAGA ADAT KENEGERIAN TAPUNG (LAKTA) MENGGELAR  RAPAT KERJA PERDANA”

| 431
“LEMBAGA ADAT KENEGERIAN TAPUNG ( LAKTA) MENGGELAR  RAPAT KERJA PERDANA”

TABIRNEWS-TN–TAPUNG-RIAU–Lembaga Adat Kenegerian Tapung (LAKTA) menggelar  rapat kerja (Raker) perdana di Aula kantor Camat Tapung Desa Petapahan,Minggu 28 Juli 2019.

Raker Lakta diikutii oleh seluruh Dewan Pimpinan Harian (DPH) yang diketuai oleh H.Sarkawi, SPD,MM Dt.Mongguong Kayo.serta seluruh Majelis Kerapatan Adat (MKA),yang diketuai oleh Zulfahmi, SH Dt.Mangkuto.

Acara Raker ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar  Ir.H.Sahidin notabennya putra terbaik asli Tapung.Hadir juga juga tokoh adat nasional Suhaili Husein Dt.Mudo Ketua Lembaga Tinggi Masyarakat adat Republik Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Harian ( DPH) Lembaga Adat Tapung  H.Sarkawi, SPD.MM Dt. Monggung Kayo menjelaskan bahwa, rakor dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang DESA ADAT. Pembahasan ini diikuti oleh seluruh ninik mamak kenegerian Tapung. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPH LAKTA.H.Sarkawi.Dt. Monggung Kayo. Sesi kedua dipimpin oleh sekretaris DPH LAKTA Muhammad Rais Hasan, SH.MH, CLA membahas tentang AD/ Art, Peraturan Organisasi dan program kerja masing-masing bidang di struktur lembaga adat kenegerian Tapung. Dari hasil pembahasan Desa Adat disepakati bahwa   yang dijadikan DESA ADAT desa induk sebagai mana tersebut dalam tombo tapung yakni  tuo Tandun, Gumolo Kobun, Nuaco Batu Gajah, Bomban Petapahan, Pantai comin sitinjau lauik, Kasikan adik nan bungsu tapung kanan saudaro kami. Jadi Desa Adat yang disepakati adalah Tandun, Kobun, Kasikan, Petapahan, Pantai Cermin, Senama Nenek , Danau Lancang dan Sikijang.

Disela acara pembahsan Ad/Art,Tokoh Adat Nasional Suhaili Husein Dt Mudo menyampaikan kepada Pengurus MKA dan DPH, kiranya dalam lembaga ini nantinya akan menyusun aturan adat istiadat serta memberlakukan ,mengfungsikan dan memakai aturan adat istiadat disetiap kenegerian yang ada di Tapung ini

Juga ada masukan dari DR Hulaimi Abbas SH.MH,bahwa,jika Aturan Adat nya sudah ditetapkan maka harus juga ditetapkan sangsi Adat.

LAPORAN KHUSUS : (Arkelana / Team TABIRNEEW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here