SOROTI BANGUNAN FIKTIP, “BPD DESA PILLA KECAMATAN WARKUK RANAU SELATAN KABUPATEN OKU SELATAN SIAP LAPORKAN KADESNYA”

BREAKING NEWS–TABIRNEWS–OKU SELATAN–SOROTI BANGUNAN FIKTIP, “BPD DESA PILLA KECAMATAN WARKUK RANAU SELATAN KABUPATEN OKU SELATAN SIAP LAPORKAN KADESNYA”

“Bicara tentang dugaan tindak pidana korupsi, seakan tidak ada habisnya. Berdasarkan peraturan yang tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Pada pasal 27 dijelaskan, Kepala Desa bertanggung-jawab dalam melaksanakan tugas kewenangan dan kewajibannya. Kepala Desa juga wajib menyampaikan laporan, anggaran penyelenggaraan Pemerintah Desa disetiap akhir tahun, dan juga menyampaikan laporan pada akhir masa jabatan kepada Pemerintah/Bupati.

Serta pada pasal 27 di huruf ( c ), Kepala Desa diharuskan memberikan laporan keterangan penyelenggaraan pemerintah desa secara tertulis kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap akhir tahunnya.

Maka, dengan dasar tersebut Anggota BPD Desa Pilla akan melaporkan Kepala Desa H kepada Instansi Dinas terkait. Dikarenakan selama ini H insial nama Kepala Desa tersebut tidak memenuhi kewajibannya, sehingga patut diduga ada penyelewengan anggaran dalam Pengelolaan Dana Desa selama ini.

Saat ditemui awak media TabirNews Bapak Yelianto Anggota BPD Desa Pilla, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan Kabupaten OKU Selatan menjelaskan,” Terkait dengan pertanggung jawaban Kepala Desa H. BPD terhitung sudah dua kali melayangkan surat panggilan. mengingat ini adalah tahun terakhir Kepala Desa tersebut menjabat.

Di tahun 2017 bersumber dari dana DAT sebesar 20 juta. Seharusnya membangunan 2 unit MCK 2 namun hanya di bangun 1 unit, itupun tidak bisa dimanfaatkan masyarakat banyak karena fisiknya terlihat asal asalan.Sedangkan di tahun 2018 melalui sumber dana yang sama sebesar 40 juta, seharusnya Kepala Desa membangun 3 unit MCK tetapi pantauan awak media TabirNews.Com dilapangan fisiknya tidak ada, sementara untuk realisasi dana DAD tahun 2019 sebesar 40 juta ini masih menjadi pertanyaan,”Jelasnya.

Sebagai bukti keseriusan kami Anggota BPD Desa Pilla tidak akan main-main, semua surat terarsif. Surat yang pertama kami sampaikan sekitar 4 bulan yang lalu tetapi tidak ada tanggapan dan surat yang kedua kalaupun tidak ada tanggapan maka kami Anggota BPD akan memberikan sikap yang tegas,”Ungkapnya.

Menurut keterangan Yelianto dalam Surat dengan nomor 140/ 08 / BPD / WRS.05 /2019 Tanggal 23 Desember 2019 juga ditembuskankan dengan Camat Warkuk Ranau selatan. Selama ini Kami masyarakat Desa Pilla sudah cukup bersabar, kalaupun Bapak Camat tidak bisa mengarahkan Kepala Desa H untuk transparan maka kami patut menduga mereka kongkalikong terkait realisasi anggaran Dana Desa ini.

Dan kami Anggota BPD Desa Pilla akan membongkar semua kebobrokan ini, apalagi ada catatan terkait pisik bangunan yang diduga fiktip selama beberapa tahun ini,..”Pungkasnya.

 

LAPORAN KHUSUS : (SEMAWAN ALILI TABIR OKU SELATAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *