Bupati Sukandar Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

Jakarta, tabirnews.com – Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom., M.Si., menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (04/02/2020).

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo membuka secara langsung Rakornas yang mengambil tema “Bencana Urusan Bersama” dengan didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri, Panglima TNI dan Gubernur Jawa Barat.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan penanganan bencana tidak bisa hanya diatasi dengan pembangunan fisik sarana prasarana tetapi harus menerapkan solusi yang lebih permanen.

“Diperlukan solusi-solusi permanen atau mendekati permanen dalam menanggulangi bencana. Jangan setiap tahun kita mengurusi pengungsi meskipun ini diperlukan, tapi yang tadi saya sampaikan lebih penting dan permanen. Masih banyak bencana yang bisa dicegah, mininal dikurangi,” tutur Presiden Jokowi dihadapan 10 ribu relawan dan peserta rakornas.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menambahkan, penanganan bencana memerlukan sinergitas lintas kementerian, lembaga, maupun instansi pemerintah lain serta kesadaran masyarakat. Karena, bencana kerap terjadi karena perilaku manusia. Urun rembug untuk bersama menangani bencana menjadi penting.

Sepanjang rakornas berlangsung, diadakan juga diskusi dalam enam panel dengan menghadirkan 120 pakar dari berbagai disiplin ilmu serta praktisi kebencanaan. Hasil diskusi dari berbagai panel pun nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dalam merespon setiap bencana yang terjadi. (fs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *