Beranda Sumatera Bungo Terkait Informasi Perkembangan Covid-19 di Bungo, Pemkab sudah Transparan

Terkait Informasi Perkembangan Covid-19 di Bungo, Pemkab sudah Transparan

| 137

Bungo, tabirnews.com – Dengan semakin bertambahnya daftar Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Bungo, Pemkab Bungo mengadakan konfrensi Pers agar masyarakat lebih tenang dan tidak panik.

Konfrensi pers ini sengaja dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bungo yang dihadiri oleh Kepala BNPB Kesbangpol Kabupaten Bungo Drs Tobroni Yusuf, Kepala Dinas Kesehatan Bungo, dr. H. Safarudidin Matondang, M.PH, Plt.Kadis Infokom Bungo Zainadi, Jum’at (27/03/2020).

Disampaikan oleh Kadis Kesehatan Bungo dr. H. Safarudidin Matondang, M.PH terkait transparansi dalam memberikan informasi identitas dan domisili yang masuk daftar Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, agar media tidak lagi menanyakan hal itu sebab telah diatur dari Gugus Satgas dari Pusat untuk tidak membeberkan ke publik kecuali atas izin keluarga pasien.

Selain itu juga alasannya pihaknya tidak bisa memberikan informasi mengenai identitas dan tempat tinggal mereka apabila diminta oleh tim kesehatan dan keperluan hukum lainnya.

Hal ini bertujuan melindungi korban dan keluarga mereka, agar tidak diskriminasi nantinya kepada yang bersangkutan oleh orang sekitar.

“Kita mengacu kepada Satgas Covid-19 dari Pusat dan Provinsi, jadi masalah ini saya harap selesai ya dan jangan tanya-tanya lagi mengenai identitas dan tempat tinggal mereka,” pinta H. Safaruddin Matondang.

Dilanjutkan Safaruddin Matondang bahwa Satgas Covid 19 Kabupaten Bungo sangat terbuka dalam memberikan informasi, mengenai jumlah ODP, PDP bahkan pasien positif Covid 19 di Bungo ODP 108 Orang, PDP 1 Orang, Positif Corona Nihil hingga saat ini.

“Hingga saat ini data 27 Maret 2020, untuk Kabupaten Bungo jumlah ODP sebanyak 108 orang, PDP sebanyak 1 orang dan Pasien Positif Corona Covid -19 di Bungo, Nihil,” lanjut Safaruddin.

“Untuk secara rincinya silahkan bisa dicek langsung di layanan informasi publik tentang Covid-19 disitus resmi Pemerintah Provinsi se Indonesia. Ingin tahu data ODP, PDP dan Pasien Positif Covid-19 per Kecamatan di Bungo silahkan cek di web resmi :
https://covid19.bungokab.go.id,” tutup Kadis Kesehatan tersebut. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here