Sebanyak 4.360 Vaksin Sinovac Diterima Kadis Kesehatan Bungo

Bungo, Tabirnews.com – Jatah vaksin sinovac virus corona (Covid-19) untuk Kabupaten Bungo telah tiba sebanyak 4.360 dosis yang diterima langsung oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Bungo dr. H. Safaruddin Matondang, M. Ph, Rabu (03/02/2021).

Vaksin buatan Sinovac ini dikirim dari PT. Biofarma (Persero) Bandung, Jawa Barat sekitar pukul 16.00 Wib yang akan disimpan di gudang penyimpanan obat Dinkes Bungo.

Dikatakan dr H Safarudin Matondang yang juga selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bungo bahwa vaksin ini dibawa dari Jambi menuju Kabupaten Bungo dengan pengawalan yang sangat ketat.

“Untuk total jumlahnya sebanyak 4.360 vaksin dan penyuntikan nantinya sebanyak dua kali,” kata Safaruddin.

Penyuntikan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari besok,” tambahnya.

Dijelaskan Safaruddin lagi bahwa penyuntikan ada dua tahapan penyuntikan, pertama sebanyak 2.180 vaksin disebarkan ke seluruh kecamatan dan tiga rumah sakit swasta yang diberikan vaksin untuk lokasi penyuntikan. Begitu pula tahapan kedua akan dilakukan hal serupa 2.180 vaksin disuntikkan untuk mereka tenaga kesehatan.

“Vaksinasi sekaligus secara serentak. Perwakilan pejabat termasuk Wabup, Kajari, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri akan divaksinasi. Kegiatan vaksinasi ke seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bungo juga diwajibkan. Kemudian termasuk di 19 Puskesmas ditambah dengan Rumah Sakit Anak Moelia, RSUD dan RS Permata Hati,” jelasnya.

Disebutkan Safaruddin, saat ini seluruh vaksin masih disimpan dengan suhu 4 derajat Celsius. Untuk kontrol suhu dipertahankan antara 2 sampai dengan 8 derajat celsius. “Mudah-mudahan vaksin aman dan segera kita distribusikan,” tutupnya.

Sementara Kabag Ops Polres Bungo AKP Sandy Mutaqqin Pranayudha SIK mengatakan vaksin tiba dari Jambi dengan aman. Kepolisian sangat mendukung program pemerintah terkait pendistribusian vaksin.

“Jadi tadi kita sudah melakukan pengawalan untuk distribusi vaksin ke Dinkes dan itu sudah kita berdayakan anggota untuk mengawal hingga ke gudang,” terangnya.

Tak hanya itu, pengamananpun dilaksanakan hingga ke Puskesmas nanti. Pihaknya dengan Puskesmas akan berkoordinasi untuk proses pendistribusian dan vaksinasi.

“Nanti teknisnya diatur oleh masing-masing Kapolsek sementara dari Polres sudah menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan sampai dengan selesai vaksinasi. Juga di seluruh wilayah kabupaten sampai dengan lancar dan aman,” tutup Kabag Ops AKP Sandy. (fs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *