Mantap, Desa Sungai Keruh Terapkan Sistem Spiral pada Pembuangan Air

Tebo, Tabirnews.com – Pemerintah tidak pernah berhenti memberikan bantuan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Hal ini merupakan komitmen yang tidak bisa ditawar tawar untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok nusantara.

Salah satu bantuan tersebut dengan memberikan Dana Desa (DD) sehingga dengan adanya anggaran Desa lebih mengefektifkan pembangunan desanya menjadi lebih cepat perkembangannya sesuai dengan kebutuhan warganya sendiri.

Sebut saja Desa Sungai Keruh Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, dimana Desanya yang terletak di pinggiran sungai Batanghari membangun Drainase pembuangan air pemukiman warga yang cukup padat dengan sistem pipa dan spiral.

Hal ini dijelaskan Alifman Kades Sungai Keruh kepada media ini, Senin (13/09) yang menjelaskan bahwa mereka khawatir pembuangan air yang langsung ke sungai akan mengakibatkan penggerusan, maka mereka membangun drainase pipa.

“Ukuran yang kami pakai 6 inci dengan membuat terminal sekaligus jaring jaring besi penghalang sampah supaya tidak tumpat,” terang Alifman.

Selanjutnya pipa kami arahkan ke sungai dengan perkiraan hampir 3 sampai 4 meter dimana pada ujungnya kami ikat pipa spiral yang lembut,” tambahnya lagi.

Jadi dengan demikian air yang mengalir akan langsung mengikuti air sungai tanpa mengganggu pinggiran sungai. Sedangkan kalau banjir spiral diangkat supaya air tidak masuk ke pemukiman,” tutupnya. (is)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *