Verlap KKS, Tebo Targetkan Swasti Saba Wiwerda II

Tebo, Tabirnews.com – Bupati Tebo Dr. H. Sukandar S. Kom. M. Si. didampingi Wakil Bupati Syahlan SH membuka Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Kabupaten/ Kota Sehat di Kabupaten Tebo, Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (28/09/2021).

Bupati Sukandar mengatakan target Kabupaten Tebo pada Tahun ini mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Wiwerda II. Dimana pada tahun tahun sebelumnya Kabupaten Tebo telah menerima dua penghargaan secara berturut untuk penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat (KKS).

“Kabupaten Tebo mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Padapa pada Tahun 2017 kemudian Swasti Saba Wiwerda I pada Tahun 2019. Dan untuk Tahun ini mudah-mudahan Tebo dapat meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda II” harapnya.

Seperti diketahui penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada Kabupaten/ Kota yang telah menyelenggarakan tatanan tatanan penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat.

Bupati Sukandar juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang dilakukan oleh Tim KKS Tebo yang telah menyiapkan segala sesuatunya sehingga Tebo menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Jambi yang lolos untuk dilaksanakan verifikasi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim KKS Tebo yang telah bekerja keras, berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan berbagai macam program bersama OPD terkait” ucapnya.

Sementara itu Ketua Tim Verifikasi Kemenkes RI, Nugroho, menyebutkan bahwa ada dua tatanan wajib yang harus dipenuhi oleh Kabupaten/ Kota Sehat.

“Ada dua tatanan wajib yang harus dipenuhi oleh sebuah kabupaten/ kota yang ingin menyelenggarakan KKS. Tatanan pertama yakni tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana kesehatan serta tatanan masyarakat sehat yang mandiri” jelasnya.

Kedua tatanan tersebut wajib dipenuhi serta indikator indikator yang ada di dalamnya terlaksana dengan baik di daerah tersebut.

Verlap Berlangsung di Sepuluh Lokus

Wakil Bupati Syahlan SH mendampingi langsung pelaksanaan verifikasi lapangan yang diketuai oleh Sub Koordinator Penyehatan Kawasan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI tersebut.

Verifikasi lapangan juga diikuti oleh Tim Pembina KKS Provinsi Jambi, Sekda Teguh Arhadi, Ketua KKS Tebo Subirman, Kepala Bapelitbangda Hendri Nora, Kadis LH- Hub Eko Putra, Kadinkes KB dr. Riana Elizabeth, Kadinsos P2PA Erlynda, Kadis Perindagnaker Nurhasanah, Kadisporapar Mardiansyah serta sejumlah pejabat Eselon III.

Adapun titik yang menjadi tujuan verifikasi kali ini yakni :

1. SDN 149 Kelurahan Muara Tebo untuk Tatanan Kawasan Permukiman

2. Taman Wisata Tanggo Rajo untuk Tatanan Kawasan Pariwisata

3. SDN 108 Desa Sari Mulya untuk Tatanan Kawasan Permukiman

4. Kantor Desa Sidorejo untuk Tatanan Masyarakat Sehat Mandiri

5. SMPN 12 Desa Karang Dadi untuk Tatanan Kawasan Permukiman

6. Pasar Sarinah Rimbo Bujang untuk Tatanan Kawasan Permukiman Pasar

7. Posyandu Lansia Desa Sapta Mulya untuk Tatanan Kawasan Kehidupan Sosial

8. Kantor Desa Wanareja untuk Tatanan Kawasan Kehidupan Sosial

9. Rivera Park Desa Perintis untuk Tatanan Kawasan Pariwisata

10. IPLT Ladang Panjang/ TPA Terpadu Desa Sari Mulya untuk Tatanan Kawasan Permukiman. (fs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *