Beranda Sumatera Bungo Puskesmas Muara Bungo I Buka Vaksinasi Terhadap Warga Mulai Usia 12 dan...

Puskesmas Muara Bungo I Buka Vaksinasi Terhadap Warga Mulai Usia 12 dan Bumil

| 187

Bungo, Tabirnews.com – Sebagaimana program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI, semua Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang ada di daerahnya masing-masing dihimbau segera melakukan serbuan vaksinasi massal baik untuk anak mulai usia 12 tahun maupun ibu hamil (Bumil). Hal ini guna mempercepat herd immunity upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Ini juga diakui oleh Kepala Puskesmas Muara Bungo 1 Kecamatan Pasar Suyanto, S.KM, M.KM saat monitoring Tim Kesehatan Puskesmas Bungo 1 melaksanakan suntik vaksinasi terhadap warga di RT.10/RW.03 tepatnya di jalan Sapta Marga, Senin (11/10/2021).

Kapus Bungo 1 Suyanto, mengatakan bahwa target hari ini sebanyak 50 dosis sudah disiapkan untuk usia 12 sampai seterusnya bahkan bila lebih juga sudah disiapkan.

” Target kita hari ini sebanyak 50 dosis sudah disiapkan untuk usia 12 sampai seterusnya bahkan kalau bisa lebih dari 50 dosis juga sudah kita siapkan,” kata Suyanto.

Sekarang kita melaksanakan vaksinasi mulai dari usia 12 tahun sampai seterusnya artinya sampai lansia untuk ibu hamil kita tetap melayani dan kita tetap menghimbau ibu hamil untuk melaksanakan vaksinasi mulai dari usia kehamilan di atas 2 bulan sedangkan untuk umur anak diatas 12 tahun yang belum memiliki KTP cukup membawa kartu keluarga saja,” tambahnya.

Jadi kita juga sudah melaksanakan kegiatan di sekolah-sekolah, sekarang yang lagi kami laksanakan adalah kegiatan jemput bola keliling setiap kelurahan hari ini jadwalnya di kelurahan Batang Bungo. Dan untuk ibu hamil baru 5 orang karena memang nampaknya ibu hamil kita ini memang kurang berani untuk mempersiapkan diri mungkin karena kehamilannya masih ada masalah atau masih ada mual muntah tapi kita tetap memanggil agar ibu hamil tetap vaksinasi,” terang Kapus.

Suyanto menambahkan bahwa vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here