Beranda Sumatera Bungo Marwan, SKM : Hingga Saat Ini Sudah 30 Bumil yang Divaksin

Marwan, SKM : Hingga Saat Ini Sudah 30 Bumil yang Divaksin

| 251

Bungo, Tabirnews.com – Untuk kegiatan khusus vaksinasi pada ibu hamil (Bumil) hingga kini baru sebanyak 30 orang yang sudah divaksin.

“Program vaksinasi Bumil ini sebelumnya kita sudah melaksanakan sosialisasi awal bahwa pelaksanaan imunisasi ibu hamil itu sudah bisa dilaksanakan pada tahap awal,” kata Marwan selaku Kapus Bathin II Babeko, Selasa (12/10/2021).

Kami sudah melakukan sosialisasi di setiap desa oleh bidan desa dan pada saat ini untuk sasaran bumil keseluruhannya sekitar 237 orang.

Dari 237 tersebut hanya 121 orang itu yang bisa divaksin dan untuk bumil yang sudah divaksinasi berkisar lebih kurang 30 orang dari sasaran 121 bumil,” kata Marwan.

Marwan menambahkan bahwa untuk dosis 2 itu baru 9 orang dari 30 orang bumil dan untuk pelaksanaan penyuntikan imunisasi bumil ini tetap berlangsung pada pelaksanaan imunisasi vaksinasi yang akan datang lagi,” imbuhnya.

Untuk program kami pada minggu ini kemungkinan besar hari Rabu besok di Dusun Suka Makmur dan rencananya ada juga pada hari Kamis Simpang Babeko dan untuk hari Jumat itu di Dusun Sepunggur dan Tuo Sepunggur. Sedangkan hari Sabtu di Dusun Tanjung Menanti jadi untuk seminggu ini mungkin di desa desa juga tetap melaksanakan vaksinasi kepada warga atau siswa yang berumur 12 sampai 17 tahun ke atas,” jelas Marwan lagi.

Dijelaskan Marwan lagi kalau ntuk dosis pertama itu sudah mencapai 668 anak sekolah dengan hitungan persentase sudah mencapai 42% dan untuk dosis kedua itu 280 itu baru sekitar 18% dimana sasaran daripada anak sekolah umur 12 sampai 17 tahun itu sekitar 1600 orang.

Pelaksanaan untuk keseluruhan umur 12 tahun sampai 17 itu kami sudah melaksanakan semua ke sekolah sampai ke pesantren pesantren dan sekarang ini pesantren yang akan kami kejar lagi baru mencapai 300 santri dari total anak 400 santri.

Khusus di pesantren Al- Kautsar masih ada yang perlu dikejar karena masih harus dilanjutkan untuk vaksinasi,” pungkas Marwan.

Ditambahkannya lagi agar masyarakat mengetahui bahwa Syarat Vaksinasi Pada Ibu Hamil yaitu :

1. Ibu hamil dengan usia kehamilan trimester 2 (13-28 minggu) dan trimester ketiga (29 sampai dengan aterm).

2. Ibu hamil yang memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan dirujuk ke RS.

3. Ibu hamil yang memiliki gejala seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan pandangan kabur akan ditinjau ulang untuk menerima vaksinasi dan dirujuk ke RS.

4. Jika mempunyai penyakit jantung, asma, DM, penyakit paru, HIV, hipertiroid, ginjal kronik, dan penyakit hati harus dalam kondisi terkontrol.

5. Jika mengidap penyakit autoimun harus dalam kondisi terkontrol dan dapat persetujuan dokter.

6. Jika memiliki riwayat alergi berat harus mendapatkan pemantauan khusus, apalagi setelah mendapatkan vaksinasi untuk mengantisipasi munculnya efek samping. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here