Beranda Sumatera Bungo Kepala SMKN 5 Bungo Lepas Siswa PKL Secara Resmi

Kepala SMKN 5 Bungo Lepas Siswa PKL Secara Resmi

| 157

Pelepasan Siswa Diiringi dengan Tarian Ekskul Siswa

Bungo, Tabirnews.com – Kepala SMKN 5 Bungo M. Gasim. S, ST melepas secara resmi siswa kelas XI yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke lokasi Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), Kamis (10/02/2021).

Acara pelepasan ini dilakukan di halaman SMKN 5 Bungo Dusun Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.

Tampak hadir dalam pelepasan ini selain Kepala SMKN 5 Bungo juga ada Ketua Komite M. Padli, Wakil Kepala Sekolah, Kepala TU para guru serta staf Tata Usaha (TU) SMKN 5 Bungo maupun para orang tua siswa.

Kegiatan pelepasan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan do’a. Selanjutnya penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua PKL Masdinar Dalimunthe, S. Pi dimana sebelum acara pelepasan, siswa siswi yang akan magang terlebih dahulu rapat orang tua siswa kemudian siswa diberi pembekalan selama 3 hari. Adapun jumlah siswa yang berangkat magang sebanyak 169 orang yang terdiri dari Jurusan APIAT.1 sebanyak 21 orang, APIAT.2 sebanyak 21 orang, APIAT. 3 37 orang, TBSM sebanyak 31 orang, TKR sebanyak 33 orang dan terakhir jurusan Multi Media sebanyak 26 orang.

“PKL dilakukan mulai dari tanggal 9 Februari sampai dengan 23 Mei 2022 dengan lokasi yang berbeda beda sesuai dengan jurusan masing-masing”, kata Masdinar.

“Selanjutnya untuk lokasi PKL untuk Jurusan APIAT yaitu di BBI Tebo, Muara Bungo dan Tanah Sepenggal. Sedangkan untuk Jurusan OTP, TBSM dan TKR lokasinya di Muara Bungo dan Tanah Sepenggal seperti perkantoran dan bengkel bengkel,” tutup Masdinar

Ketua Komite SMKN 5 Bungo M. Padli dalam arahannya meminta agar seluruh siswa yang PKL menjaga nama baik SMKN 5 dan juga Dusunnya masing masing.

“Perangai yang kurang baik di Dusun jangan dibawo bawo saat PKL dan kalian harus menjaga nama baik sekolah,” tegasnya.

Dirinya berharap agar semua siswa yang PKL dapat melakukan PKL dengan baik, namanyo menumpang nambah ilmu di tempat orang harus baik baik,” pinta M. Padli.

Terakhir sebelum melepas siswa PKL, Kepala Sekolah SMKN 5 Bungo M. Gasim dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua Panitia dan pihak terkait dalam proses PKL serta guru guru dan TU yang sempat hadir dalam pelepasan ini

Ditambahkan oleh Kepala Sekolah M. Gasim bahwa PKL adalah proses yang harus dilalui oleh semua siswa SMK. Karena ini sudah merupakan ketentuan dari undang-undang dan syarat yang harus diselesaikan.

“Bapak minta kepada anak anakku semuanya yang akan melakukan PKL selalu menjaga nama baik sekolah,” kata Gasim.

Siswa yang berangkat saya minta agar benar benar serius dan rajin rajin menimba ilmu ketika melakukan PKL di tempat DUDI atau kantor,” pungkas Gasim.

Untuk penempatan nantinya akan diserahkan kepada Ketua Jurusan masing-masing, jadi semuanya harus mengikuti aturan yang berlaku.

Selama siswa melakukan PKL, kalian akan dimonitoring dan dipantau oleh guru yang ditunjuk. Jadi kalian tidak serta merta bebas dalam melakukan PKL. Kalian akan selalu diawasi dan dikontrol, oleh sebab itu jangan melakukan hal hal yang dapat merusak nama sekolah kita,” tutup Gasim.

Seusai memberikan sambutannya dilanjutkan dengan pelepasan siswa PKL secara resmi dan dibarengi dengan pemberian jurnal PKL kepada perwakilan siswa setiap Jurusan didampingi Ketua PKL Masdinar Dalimunthe, S. Pi.

Sebagai tambahan, sebelum acara selesai ada tarian kreasi dari siswa ekskul yang menjadi penutup disambut tepuk tangan semua keluarga besar SMKN 5 Bungo dan para orang tua siswa yang hadir. (is)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here