Beranda Headline “Peringati Isro Mi’raj, LASQI Lampung Selatan Gelar Lomba Qosidah Hadroh Tingkat Kabupaten”

“Peringati Isro Mi’raj, LASQI Lampung Selatan Gelar Lomba Qosidah Hadroh Tingkat Kabupaten”

| 147

BREAKING NEWS–LAMPUNG SELATAN–Tabirnews.com–Lembaga Seni dan Qosidah Indonesia (LASQI) Lampung Selatan menggelar lomba Qosidah Hadroh tingkat Kabupaten, dalam rangka memperingati Isro Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1443 H/2022 M.

Ketua Umum LASQI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengungkapkan, kegiatan lomba Qosidah Hadroh tingkat Kabupaten akan dilaksanakan secara resmi pada tanggal 1 Maret 2022 besok.

Dirinya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh Jajaran terkait yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba tersebut. Dimana, kegiatan itu merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan kesenian Qosidah Hadroh di Kabupaten Lampung Selatan.

“Ini sangat perlu diadakan, seperti yang kita ketahui sudah hampir 2,5 tahun kita mengalami pandemi COVID-19, pendidikan juga banyak yang terhalang. Nah, saya sangat bersyukur sekali besok akan diselenggarakan lomba Qosidah Hadroh, walaupun harus menerapkan prokes,” ungkap Winarni pada acara peringatan Isra Mi’raj sekaligus Pembukaan Lomba Qosidah Hadroh tingkat Kabupaten di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Sidomulyo, Senin (28/2/2022).

Winarni menjelaskan, perkembangan era globalisasi yang begitu cepat akan berdampak negatif terhadap keberagaman budaya nusantara dan keagamaan di Indonesia. Salah satu dampak yang paling berbahaya yaitu terkiskisnya nilai-nilai asli dari kebudayaan itu sendiri.

Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya lomba Qosidah Hadroh diharapkan dapat menjadi salah satu upaya, untuk terus menumbuhkan rasa cinta generasi milenial di Kabupaten Lampung Selatan terhadap kebudayaan islami.

“Memperkenalkan juga pembinaan seni budaya islami kepada kaum muda, semua kebudayaanlah, baik itu kebudayaan nusantara dan juga kebudayaan keagamaan. Ini jangan berhenti, dimana pada era globalisasi, era digital yang semakin tidak bisa kita hindari, kita harus lebih kuat lagi melakukan pembinaan kepada remaja kita,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP. menyambut baik pelaksanaaan lomba Qosidah Hadroh Tingkat Kabupaten yang akan berlangsung pada hari Selasa 1 Maret 2022. Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi wadah kreatifitas para peserta lomba di bidang musik islami.“Pada kesempatan ini, saya juga menyambut baik dengan akan dilaksanakannya lomba Qosidah Hadroh yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 1 Maret 2022 yang akan saya buka secara resmi pada hari ini,” ujar Pandu seraya membuka lomba Qosidah Hadroh.

Pandu Kesuma menjelaskan, kesenian lagu Qosidah Hadroh merupakan bentuk kekayaan khasanah budaya islam yang harus terus dilestarikan keberadaannya. Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan penggiat musik Qosidah Hadroh pada generasi muda di Lampung Selatan.

“Diharapkan akan muncul para para penggiat musik Qasidah Hadroh, sehingga seni Qasidah Hadroh ini dapat terus dikembangkan dengan beragam kreasi dari hasil kreatifitas para seniman musik Qasidah yang berbakat yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Selatan,” jelasnya. (Nzr/kmf).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here