Beranda Headline DPN PERKASA Siap Mendukung Hasil Musrenbang Provinsi Lampung Dalam Pertumbuhan Perekonomian Daerah...

DPN PERKASA Siap Mendukung Hasil Musrenbang Provinsi Lampung Dalam Pertumbuhan Perekonomian Daerah Melalui Jalur Pertukangan

| 121

BREAKINGNEWS, LAMPURA, Tabirnews.com– Ketua Perkumpulan Bedeng Wilayah, Dewan Pertukangan Nasional, Perkumpulan Tukang Bangunan Seluruh Indonesia, (PBW DPN PERKASA), Provinsi Lampung
Irwanda Dirusi, S.E.,S.T.

Memimpin langsung, rapat koordinasi dengan pengurus Perkumpulan Bedeng Daerah (PBD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dan PBD Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba),Kamis (12/5/2022).

Irwanda mengatakan, kehadiran DPN PERKASA di Provinsi Lampung, bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah mensosialisasikan undang-undang no 2 Tahun 2017 tentang jasa kontruksi, undang undang cipta kerja no 11 Tahun 2021, Peraturan Pemerintah no 22 tahun 2020 serta Peraturan Pemerintah no 14 tahun 2021 yang menjelaskan bahwasannya setiap pengguna jasa kontruksi mewajibkan menggunakan tukang bersertifikat.

Bahkan aturan tertuang dalam undang undang tersebut, jika dalam suatu pekerjaan proyek, ditemukan tukang belum bersertifikat maka akan diberi sanksi, sampai ke pemberhentian pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

Sejalan dengan undang undang tersebut, DPN PERKASA, adalah wadah yang diberi kewenangan untuk menerbitkan sertifikat bagi tukang, syarat ketentuan berlaku.

“DPN PERKASA, bukan hanya sebagai asosiasi sertifikasi bagi tukang, namun akan mengadakan program program yang akan membantu pertumbuhan perekonomian para tukang harian, seperti BPJS ketenagakerjaan, rumah layak huni, sampai UMKM untuk para istri tukang harian,”ujarnya.

Lebih dari itu “Kami hadir sebagai wadah yang mana tukang harian akan mendapat informasi seputar pekerjaan kontruksi didaerahnya masing masing, DPN PERKASA juga akan membantu pertumbuhan perekonomian daerah yang mana hasil dari MUSREMBANGPROV mengedepankan pertumbuhan ekonomi rakyat pasca covid 19 salah satu program DPN PERKASA memberdayakan tukang lokal untuk pekerjaan didaerah nya masing masing ”kata Irwanda.

Maka dari itu, Irwanda berharap semua PBD DPN PERKASA se Provinsi Lampung, bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah, agar pemerintah segera mengeluarkan surat edaran terkait undang undang jasa kontruksi no 2 tahun 2017, seperti yang telah dilakukan di Provinsi lain.

RILIS TABIRNEWS (TN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here