Beranda Sumatera Bungo Kapolres Sosialisasi Mengurangi Kenakalan Remaja di Dinas P dan K Bungo

Kapolres Sosialisasi Mengurangi Kenakalan Remaja di Dinas P dan K Bungo

| 101

Bungo, Tabirnews.com – Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram, S.H, S.I.K, M.I.K menggelar sosialisasi pengendalian/mengurangi kenakalan remaja khususnya di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dilakukan di Aula Dina Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Bungo, Jum’at (26/08) sekira pukul 09.00 Wib.

Adapun sosialisasi ini dilakukan dengan pertemuan tatap muka antara Kapolres dengan seluruh Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Se Kabupaten Bungo.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut selain Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram S.H.,S.I.K.,M.I.K, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Masril S.Sos, M.E, Kasat Intelkam IPTU Tarjono SH.,MH diwakili Kanit Ekonomi Sat Intelkam Aiptu Achmad Tanthowi, Kabid Dikdas Nasrun S.Pd, M.M, Koordinator Wilayah Kecamatan se-Kabupaten Bungo, Kepala Satuan Pendidikan SMA dan SMK se-Kabupaten Bungo, Kepala Satuan Pendidikan SD dan SMP se-Kabupaten Bungo dan Kepala Satuan K3S SD Se Kabupaten Bungo.

Dalam sambutannya Kadis P dan K Bungo Masril mengucapkan selamat datang kepada Kapolres dan rombongan yang telah hadir dalam kegiatan tersebut.

“Selamat datang kepada Bapak Kapolres dan rombongan yang telah hadir dalam kegiatan ini,” kata Masril.

Saya meminta pada kesempatan ini marilah kita mendengar arahan dari Bapak Kapolres Bungo agar bisa menambah pengetahuan dan semoga dapat diterapkan nantinya di sekolah masing-masing,” tutup Masril.

Sedangkan Kapolres Bungo AKBP. Wahyu Bram dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir dalam kegiatan tatap muka ini.

“Saya sebagai warga baru di kabupaten Bungo mohon kerja samanya dalam mendidik anak-anak pelajar agar terhindar dari perbuatan yang negatif,” kata Kapolres.

Dijelaskannya bahwa saat ini kenakalan remaja banyak dilakukan oleh anak anak pelajar terutama di tingkat SMA,” imbuhnya.

Saya disini ingin merubah sifat anak-anak melalui sekolah untuk menjadi lebih baik. Para guru harus terus berkomunikasi dengan orang tua siswa agar para pelajar bisa terus diawasi agar tidak terpengaruh prilaku negatif, seperti balap liar, penyalahgunaan narkoba, dan tidakan penyimpangan lainnya,” paparnya.

Kita harus membuat sibuk anak dengan aktifitas yang positif. Agar tidak ada waktu untuk melakukan kegiatan yang negatif dan berdampak buruk bagi anak-anak kita untuk ke depannya.

Saya melihat infrastruktur untuk membuat anak-anak sibuk dengan kegiatan positif masih kurang. Untuk itu kami himbau agar Kepala Sekolah menyisipkan dana bos untuk membuat kegiatan eskul dan jika dananya kurang silahkan melaporkan ke Kepala Dinas Pendidikan,” tegasnya.

Kami memberi masukan agar setiap sekolah membuat Les Tambahan dan memberi kegiatan eskul di luar jam pelajaran.

Faktor utama untuk melakukan kegiatan eskul yaitu sarana prasarana dan izin orang tua siswa.

Selanjutnya agar Kepala Sekolah memanggil orang tua siswa untuk menjelaskan kegiatan tambahan diluar jam pelajaran sekolah adalah sesuatu yang baik untuk menghindari kegiatan negatif diluar jam pelajaran.

Dikatakan Kapolres bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuat program ekstra kurikuler di sekolah-sekolah kabupaten Bungo sebagai bentuk kegiatan siswa guna upaya pencegahan dan pengendalian, serta pengawasan terhadap para pelajar dan menekan angka kenakalan di luar kegiatan sekolah,” pungkas Kapolres.

Usai penyampaian maksud dan tujuan Kapolres, selanjutnya dilakukan dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan selesai jam 11.00 Wib dan selama kegiatan berlangsung terlihat situasi aman dan kondusif. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here