Beranda Headline Serdik Sespimmen Polri Dikreg Ke-59, “Melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Polda...

Serdik Sespimmen Polri Dikreg Ke-59, “Melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Banten”

| 218

TABIRNEWS.COM–Jakarta-Serdik Sespimmen Polri Dikreg Ke-59 melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Banten.

Sebanyak 220 serdik Sespimmen Polri melaksanakan studi lapangan ke beberapa polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat. Kegiatan studi lapangan yang disebut KKP (Kuliah Kerja Profesi) ditujukan untuk memberikan gambaran secara nyata (riil) bagi peserta didik terhadap kesehatan organisasi tingkat Polres atau Organization Health Audit (OHA) dan pengaruh lingkungan atau Environmental Scanning (ES).

Para serdik melakukan pengamatan, wawancara, pengumpulan data dan studi literatur untuk mengetahui bagaimana satuan kepolisian tingkat polres atau KOD (Kesatuan Operasional Dasar) melaksanakan tugas pokoknya khususnya dalam hal manajemen fungsi operasional Polri yang meliputi: fungsi preemtif, preventif, dan represif.

Kuliah kerja profesi ini sangat bermanfaat bagi serdik karena para serdik yang nantinya akan menjadi kepala satuan tingkat wilayah, dapat mengetahui bagaimana suatu KOD secara riil melaksanakan tugas di lapangan serta bagaimana seorang pimpinan KOD menjalankan roda organisasi dengan mempertimbangkan aspek internal organisasi meliputi: kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) serta aspek eksternal meliputi: peluang (opportunity) dan ancaman (threat).

Pelaksanaan KKP ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 14 sampai dengan 15 Oktober 2019 di beberapa polres, yaitu: Polrestro Jakarta Pusat, Polrestro Jakarta Barat, Polrestro Jakarta Utara, Polrestro Jakarta Selatan, Polrestro Jakarta Timur, Polrestro Tangerang Kota, Polresta Depok, Polres Tangerang Selatan. Selain di wilayah Polda Metro Jaya, KKP juga dilaksanakan di Polresta Bogor dan Polres Serang.

(ZULKIPLI TABIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here