Beranda Headline “OKNUM KEPSEK DAN K3S SD METRO KIBANG,”DIDUGA DALANGI KORUPSI DANA BOS BERJAMAAH...

“OKNUM KEPSEK DAN K3S SD METRO KIBANG,”DIDUGA DALANGI KORUPSI DANA BOS BERJAMAAH BERSAMA BEBERAPA OKNUM KEPSEK SD DI METRO KIBANG”

| 259
OKNUM KEPSEK DAN K3S SD METRO KIBANG,”DIDUGA DALANGI KORUPSI DANA BOS BERJAMAAH BERSAMA BEBERAPA OKNUM KEPSEK SD DI METRO KIBANG”

METRO KIBANG-LAMPUNG TIMUR-Tabirnews.com– Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar sembilan tahun, menjadi wajib belajar 12 tahun, dana BOS dikelola oleh tim BOS Sekolah masing-masing secara mandiri, dengan mengacu pada juklak/juknis dari kemdikbud yang transparansi dan akuntabel.

Akan tetapi peraturan itu dilanggar oleh Oknum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3s) Kec, Metro Kibang Kab, Lampung Timur, berdasarkan sumber data yang dapat dipercaya sangat jelas kalau dalam pengelolaan dana BOS tidak transparan, dan Kuat DUGAAN dana tersebut sebagian di korupsi.

Dari tahun 2016 sampai saat ini tidak ada rekapitulasi penggunaan dana BOS per komponennya,  jadi dana BOS SD di kec, Metro Kibang Terkesan ibarat siluman tak kasat mata.

“Pada saat dimintai keterangan kepala SDN 1 Marga Jaya sekaligus sebagai ketua K3s Kec, Metro Kibang, Selasa 29 Oktober 2019 di SDN 1 MARGOTOTO, terkait adanya DUGAAN KORUPSI dana BOS dan tidak transparan dalam pengelolaan penggunaan belanja di komponen Mujito bingung menjawab beberapa pertanyaan dari media TABIR NEWS dan KONKRIT NEWS, padahal dari dinas terkait selalu memberikan pencerahan terkait laporan Online dan papan informasi tentang dana BOS.

Jawab Mujito, “Iya pak,….”Kami sering diperingatkan terkait laporan Online dan papan informasi tersebut,..”Singkat Mujito sembari tersenyum.

Kepada dinas terkait dan kepada penegak hukum agar dapat segera menindaklanjuti terkait DUGAAN KORUPSI dana BOS di Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lamtim, Tanpa tebang pilih, agar hal serupa tidak menjamur ke Sekolah lain, sesuai instruksi dari kemdikbud yaitu.

“Sebagai salah satu upaya proses transparansi bantuan BOS, masyarakat dapat memberikan laporan jika menemukan penyalahgunaan dana BOS. Laporan ini akan ditindak lanjuti oleh kabupaten terkait dan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kemendikbud mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses BOS agar digunakan sebagaimana semestinya dan memberi laporan jika mendapatkan temuan penyalahgunaan dana BOS.

Laporan Khusus : Abdullah TABIRNEWS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here