Beranda Headline Saibatin Dan Semua Segekhi Suku Adat Makhga Khajabasa “Turut Mensukseskan Mencegah Penyebaran...

Saibatin Dan Semua Segekhi Suku Adat Makhga Khajabasa “Turut Mensukseskan Mencegah Penyebaran Covid-19”

| 337

BREAKING NEWS–LAMPUNG SELATAN–Tabirnews.com–Saibatin Makhga Khajabasa Pengikhan Penyimbang Agung Beserta punggawa dan hulu balang seg ekhi suku, membagikan 1000 Masker di wilayah Makhga Khajabasa..

Rencana masker akan di bagikan ke16 Pekon ( Desa ).
Ada pun desa yang akan di bagikan masker yang ada di Kecamatan Rajabasa dan Kecamatan Kalianda, antara lain.
Desa Jondong, Desa Kota Guring , DesaTanjung Gading, Desa Betung, Desa Canti, Desa Banding, Desa Rajabasa, Desa Sukaraja, Desa Waymuli Induk, Desa Waymuli Timur, Desa Kunjir, Desa Batu Balak, Desa Kerinjing , Desa Cugung dan Tejang Pulau Sebesi .

Pembagian ribuan masker ini dianggap Saibatin Makhga Khajabasa sangat perlu dan penting, untuk selalu menggunakan masker guna menghindari menyebarkan wabah virus corona (Covid-19).
Menurut Pengikhan Penyimbang Agung, mari kita bersama sama dengan Elemen Masyarakat, perlunya kita dorong untuk tumbuhkan kesadaran masyarakat, karena sangat perlu memakai masker sebagai upaya menuntaskan serta memutuskan mata rantai penyerbaran wabah Covid-19.

“Hari ini Rabu 22/04/20, para Tokoh Tokoh Adat dari Segekhi Suku dan juga Para Punggawa dan Hulu Balang membagikan 1000 masker di Wilayah Makhga Khajabasa, terutama bagi para pengguna jalan raya Dan akan di serahkan juga ke Posko Siaga Covid-19 yang ada di masing Masing Desa.

Sebelum melakukan pembagian masker para punggawa dan hulu balang berkumpul terlebih dahulu dilamban Adat lamban balak Makhga Khaja Basa di Desa Rajabasa Kecamatan Rajabasa ( Lamsel ), lalu Tim bergerak di bagi menjadi 2 bagian, dengan cara menyusuri jalan di wilayah Marga Rajabasa. Yaitu, dari Desa Jondong hingga desa Batu Balak. Guna menghindari kerumunan, sesuai dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Ditengah kelangkaan masker seperti sekarang ini, banyaknya masyarakat yang membutuhkan, kita berikan masker ke mereka agar lebih memproteksi diri dan mencegah penyebaran virus covid-19,” apa yg bisa kita perbuat, mari sama kita bergerak. Kita ringankan beban Pemerintah dari dan cara cara yang sebenarnya dapat kita lakukan. terang Sai Batin Marga Raja basa sambil menghimbau seluruh lapisan masyarakat.
Tidak hanya memakai masker, prilaku hidup bersih dan sehat jangan ditinggalkan, tetap harus berkelanjutan, cuci tangan menggunakan sabun anti septik setiap kali seusai beraktivitas di luar rumah,” pesannya.

Di Jelaskan pula oleh Dalom Cahya Desa dari Segekhi Suku Betung, bahwa ” Masker ini adalah hasil Buah Tangan para Masyarakat Adat di masing masing Pekon ( Desa ) Segekhi Suku, Sebagai Bentuk dukungan masyarakat adat Saibatin Makhga Khajabasa ” di tuangkan dengan berkarya bersama para pemangku adat saling bergotong royong bersama sama segekhi suku adat Daibatin Makhga Khajabasa, dengan Motto jejama kham se uyunan, sehingga menghasilkan karya produc masker untuk masyarakat umum.

Saibatin dan semua segekhi suku adat Makhga Khajabasa turut mensukseskan mencegah penyebaran Covid-19, untuk wajib memakai masker saat di luar rumah, kami dari masyarakat Adat melalui segekhi Suku, punggawa dan Hulu Balang, walau dengan keterbatasan kemampuan, keahlian dan fasilitas yang tidak memadai, kami berusaha berbuat sumbangsih dan juga siap untuk membantu dan mendukung Program Pemerintah dalam menangani Covid-19..

” Terima kasih kepada Punggawa dan hulu halang segekhi suku, Ini bukan hanya Hasil dari Saibatin Makhga Khajabasa sendiri, tapi ini hasil dari segekhi suku, tanpa dukungan dari segekhi suku, Makhga Khajabasa tidak ada apa apanya .tutup Pengikhan Penyimbang Agung.

LAPORAN KHUSUS : NAZAR TABIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here