Puskesmas Pasar Lubuk Landai Vaksinasi Sekolah Hampir Rampung, Bumil Masih Pendataan

Bungo, Tabirnews.com – Guna mensukseskan program pemerintah meningkatkan herd immunity secara nasional, Puskesmas Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas sudah hampir rampung dalam melakukan vaksinasi.

Hal ini dikatakan oleh H. Ibrahim selaku pimpinan Puskesmas Pasar Lubuk Landai kepada media ini mengatakan bahwa Puskesmas sudah hampir rampung dalam melakukan vaksinasi, ungkapnya belum lama ini saat melakukan vaksinasi di SMKN 5 Bung yang terletak tidak jauh dari lokasi Puskesmas.

Puskesmas sudah menyiapkan sebanyak yang dibutuhkan untuk vaksinasi dan tinggal menunggu laporan dari pihak sekolah berapa siswanya,” kata Ibrahim.

Untuk mempercepat agar semua siswa di wilayah kami segera melakukan vaksinasi, petugas kami juga tetap turun ke sekolah tanpa menunggu laporan dan tinggal koordinasi saja dengan pihak sekolah,” tambahnya.

Seperti belum lama ini sesuai dengan laporan Kepala Sekolah sebelumnya bahwa siswa SMKN 5 sebanyak lebih kurang 500 orang, jadi berhubung karena sekolah masih sistem sif, kami bawa 200 vaksin dulu, nanti kekurangannya akan kami lanjutkan pada tahap kedua,” tutur H Ibrahim.

Dari beberapa siswa yang diwawancarai media ini mereka pada mulanya mengatakan takut dan cemas, namun setelah diberikan pemahaman oleh semua pihak yang hadir, maka akhirnya mereka mau melakukan vaksin.

“Awalnya kami takut om, karena belum pernah vaksin, jadi cemas-cemas juga, namun setelah diberikan pemahaman dan penjelasan dari petugas puskesmas, bapak/ibu guru dan bapak Babinsanya jadi kami gak takut,” imbuh mereka.

Sedangkan untuk program vaksinasi kepada Ibu Hamil (Bumil) kami masih dalam tahap pendataan sekaligus sosialisasi, maklumlah karena di daerah Dusun ini kita harus pelan-pelan dan sifatnya lebih kepada kekeluargaan,” tutupnya.

SEKEDAR HIMBAUAN :

Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kementerian Kesehatan.

Vaksinasi bagi Ibu Hamil dan sekrining dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19.

Kepada BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID – 19 UNTUK BUMIL :

– Suhu Dibawah 37,5°C
– Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )
– Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg
– Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia
– Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat
-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)
– Tidak Memiliki Penyakit Autoimun
-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi
-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif
-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir. (fs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *