Rakor Evaluasi Percepatan Vaksinasi, Kapus Muara Bungo I Sampaikan Kegiatan

Bungo, Tabirnews.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Inovasi dalam rangka percepatan vaksinasi di Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kepala Puskesmas (Kapus) Muara Bungo I Suyanto, SKM, M. KM ikuti kegiatan dan sampaikan kegiatan rutin vaksinasi, Selasa (09/11/2021).

Rakor yang yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat dan dihadiri oleh Camat Pasar Muara Bungo, Sofyan Maas S.P, Kapolsek Kota, Iptu Pol. Ivan Rifa’i, Sekcam Pasar, Sulaiman S.Sos, Kepala Puskesmas Muara Bungo 1,  Suyanto, para Lurah se-Kecamatan Pasar Muara Bungo, Bhabinkamtibmas, Staf Camat dan UPT Pasar.

Dalam rakor tersebut Suyanto menyampaikan bahwa pihaknya rutin melakukan vaksinasi kepada masyarakat umum yang terdiri dari Lansia, Remaja, Ibu Hamil (Bumil) yang bekerja sama dengan para Lurah dan perangkatnya maupun semua pihak di wilayah Puskesmas Muara Bungo I.

“Kami terus berupaya agar percepatan vaksinasi sesuai dengan target dengan menvalidkan angka capaian vaksinasi Covid-19 baik vaksin 1 dan 2 serta warga yang tidak bisa divaksin,” terangnya.

Dalam kegiatan vaksinasi bersama, tetap mengutamakan pendekatan humanis dan saling membantu supaya tercapai target yang ditentukan oleh Bupati Bungo terkait wajib vaksin bagi warga masyarakat yang memenuhi syarat,” pungkasnya.

Saat kegiatan Rakor dilaksanakan terlihat para peserta rakor tetap mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat serta berlangsung aman dan tertib.

Disampaikan Suyanto bahwa karena saat ini sedang digencarkan vaksinasi Bumil, ada sekedar Himbauan untuk Ibu Hamil :

Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil (Bumil). Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

Bumil diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Adapun Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir. (fs)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *