Beranda Sumatera Kota Jambi Gubernur Jambi Dukung Pembangunan Tol Jambi 2022 -2024 Selesai

Gubernur Jambi Dukung Pembangunan Tol Jambi 2022 -2024 Selesai

| 164

Jambi, Tabirnews.com – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris. S. Sos, MH. mengemukakan, dan mengapresiasi langkah PUPR dalam beberapa dekade ini dalam membangun di berbagai bidang, infrastruktur jalan tol Jambi sedang dalam proses pembangunan.

“Insyaallah target 2022 -2024 sudah selesai jalan tol menuju Jambi, demikian disampaikannya, saat menjadi Inspektur Upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Ke 76, bertempat Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI Provinsi Jambi, Jum’at (03/12/2021).

Pada kesempatan ini Gubernur Jambi Al Haris Membacakan pidato tertulis Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonebsia M. Basuki Hadimuljono menyampaikan, terima kasih kepada seluruh Insan PUPR dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.” Saya mengingatkan pada kita semua untuk terus memberikan kontribusi agar kita dapat segera keluar dari pandemi dan ekonomi Indonesia dapat pulih kembali. Kita mencatat bahwa hingga hari ini, tidak kurang dari 7.400 pegawai Kementerian PUPR terkonfimasi positif COVID-19 dan 64 pegawai meninggal dunia. Mereka semua adalah para Sapta Taruna masa kini, para pahlawan yang telah memberikan darma bakti-nya untuk negara dan masyarakat,” ujar Menteri.

” Di masa yang tidak mudah, kita patut bersyukur tetap dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR. Pada tahun 2021 ini, kita telah berhasil menyelesaikan pembangunan 15 bendungan
dimana 11 bendungan telah selesai dan
diresmikan Presiden Joko Widodo, antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe. Pembangunan bendungan tentunya akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi, jaringan air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi, sehingga keberadaan bendungan dapat dimanfaatkan optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Menteri.

“Saya ingin mengutip pesan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Hari Bakti PU ke-76, bahwa ke depan kita harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, yang smart dan ramah lingkungan, yang membuka
akses dan meningkatkan keterhubungan antar wilayah, keterhubungan antar daerah, dan meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan Indonesia Maju,” lanjut Menteri.

Lebih lanjut Menteri juga menjelaskan, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur kita harus senantiasa bekerja sesuai dengan Corporate Culture yang telah ditanamkan oleh para senior PUPR, yaitu
Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat dalam satu team work yang solid.

Selain Corporate Culture tersebut, kita juga terus mengimplementasikan Nilai iProve yang meliputi Integritas, Profesional, berOrientasi pada Misi, Visioner, dan berEtika akhlakul karimah.

Hal ini sejalan dengan Core Values ASN Berakhlak Karimah yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif,
dan kolaboratif, serta khusus untuk Insan PUPR saya ingin kita semua memiliki sifat yang kuat, berani, berjiwa seni dan berakhlakul karimah,” jelasnya lagi.

“Berdasarkan hasil survey Core Values
BerAKHLAK yang telah dilaksanakan di
lingkungan PUPR, secara keseluruhan nilai kita adalah 58,4% atau masuk kategori cukup sehat dengan nilai baik pada aspek loyalitas dan akuntabel.” Ke depan kita perlu meningkatkan aspek-aspek lainnya, seperti orientasi pelayanan dan kompetensi, sehingga organisasi kita menjadi lebih sehat,” pungkas Menteri.

Usai apel upacara hari Bakti PUPR di sesi wawancara Gubernur Al Haris mengemukakan. Dirinya sangat mengapresiasi Hasil kenerja insan PUPR pusat maupun PUPR Provinsi Jambi, dimana PUPR telah menargetkan pembangunannya di pulau pulau terkecil di Indonesia, juga selama ini membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan di berbagai bidang.

“Kita juga menginginkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, di Jambi juga ada beberapa proyek pembangunan nasional yang besar, seperti bendungan air di Merangin, juga jalan tol, tahun 2021 ini proses masalah lahan harus sudah clear, Insyaallah pembangunan sudah bisa dimulai tahun 2022 dan target Pemerintah Pusat tahun 2024 jalan tol sudah selesai,” tegas Al Haris.

“Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jambi ada mengusulkan beberapa proyek nasional di Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) berupa kawasan industri kemingking dan juga pembangunan ujung Jabung bisa masuk dalam RPJMN, kita mengharapkan semua agenda proyek pusat yang ada di jambi bisa berjalan dengan lancar tidak ada hambatan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada PUPR yang telah berkerja sama dalam pembangunan Provinsi Jambi,” pungkas Al Haris.

Selain itu Gubernur juga berharap PUPR Provinsi Jambi terus melakukan koordinasi bersama Bupati/Walikota dan PUPR Kabupaten/Kota agar pembangunan bisa bersinergi dari atas sampai kebawah, agar pembangunan ini bisa berjalan secara adil dan merata di setiap Kabupaten/kota di Provinsi Jambi dan bisa memenuhi hak hak masyarakat di Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris menyerahkan bantuan tali asih bagi ASN lingkup PUPR Provinsi Jambi yang memasuki masa purna bakti pensiun. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here