Beranda Headline “Desa Sukaratu Siap Menjadi Tuan Rumah Musrenbangcam Kalianda Tahun 2022”

“Desa Sukaratu Siap Menjadi Tuan Rumah Musrenbangcam Kalianda Tahun 2022”

| 152

BREAKING NEWS–LAMPUNG SELATAN–Tabirnews.com–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan lakukan Gladi Bersih, dalam rangka mempersiapkan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunanan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, pada Minggu (30/1/2021).

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Tahun 2022 pertama kali akan di gelar besok (Senin, 31/1/2022) di Desa Sukaratu Kecamatan Kalianda, yang selanjutnya akan di gelar di tiap-tiap kecamatan.

Hadir dalam acara gladi bersih tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi & Pembangunan (Ekobang) Muhadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, M.Sefri Masdian, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan, Qorinilwan, Kepala Dinas Kesehatan, Jhoniansyah, Kepala Dinas Pendidikan, Yespi Qori, Plt.Kepala Dinas PMD, Erdiansyah, Camat Kalianda Zaidan serta para Kepala Desa di Kecamatan Kalianda.

Pelaksanaan Musrenbangcam kali ini kembali diselenggarakan secara langsung dan terbuka, mengingat tahun sebelumnya tidak dapat dilaksanakan secara langsung akibat dampak dari covid-19.

Dengan mengusung tema “peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan insfrastruktur serta inovasi daerah” Musrenbangcam 2022 siap dilaksanakan esok hari.

Camat Kalianda, Zaidan mengatakan, persiapan menyambut pelaksanaan Musrenabangcam sudah hampir selesai dilakukan.

Rangkaian penyambutan kehadiran Bupati Nanang Ermanto esok hari (Senin, 31-1-2022,red) dengan menampilkan kesenian dan budaya seperti tarian tuping, pencak silat dan tarian sigekh pangunten.

“Hari ini saya rasa persiapan sudah 70% dan insyallah akan segera selesai 100%, sedang kita persiapkan,”ungkap Zaidan saat ditemui di lokasi.

Rangkaian acara juga akan diisi dengan kegiatan pengukuhan Bunda Literasi dan Bunda Paud se-Kecamatan Kalianda kepada Ketua tim Penggerak PKK Desa.

“Pada hari itu juga akan diadakan sosialisasi perangkat desa untuk 25 desa dan 4 kelurahan di Kalianda, namun secara teknis karna kapasitas yg terbatas maka akan kita bagi sesi pertiap 4 Desa” ungkap Zaidan.

Dirinya juga menuturkan, Musrenbangcam ini sebagai siar atau publikasi serta sebagai bentuk keterbukaan kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah tidak diam dan terus membangun Lampung Selatan untuk lebih baik lagi.

“Dengan adanya musyawarah rencana pembangunan, masyarakat yang tadinya tidak tau menjadi tahu, dan masyarakat yang sudah tau menjadi lebih paham,”tambahnya lagi.

Di lokasi gelaran musrenbang, akan ada pula stand-stand pelayanan, seperti pelayanan Data Kependudukan & Pencatatan Sipil, pelayanan KB, pengobatan gratis, pameran produk UMKM dan pameran tanaman bonsai.

Pada acara musrenbangcam yang akan dilaksanakan di desa Sukaratu, beberapa penghobi bonsai yang tergabung dalam Komunitas Bonsai Kalianda, juga akan turut meramaikan acara musrenbang.Mereka akan “menjemur” bareng tanaman bonsai yang menjadi andalannya.Anton, anggota Komunitas Bonsai Kalianda mengatakan, terdapat sekitar 40 tanaman hias bonsai dengan berbagi ukuran dan jenis yang akan dipamerkan.

“Ini sebagai ajang kami memperkenalkan komunitas sekaligus tanaman bonsai. Kami berharap adanya support dari pihak pemda, karna ini merupakan salah satu karya dan kreativitas dari temen-temen penghobi bonsai,”jelas Anton. (Nzr/kmf).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here