Beranda Sumatera Kota Jambi Al Haris Ajak FKDM & FKPT Jaga Ketenteraman Jambi

Al Haris Ajak FKDM & FKPT Jaga Ketenteraman Jambi

| 223

Jambi, Tabirnews.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengajak Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) untuk menjaga ketentraman masyarakat Provinsi Jambi.

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT), bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (22/03/2022).

Al Haris mengatakan, kondisi aman dan kondusif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara sangat mendukung dalam melaksanakan program pembangunan. Kondisi aman dan kondusif merupakan prasyarat dalam keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan, baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional, sebaliknya jika kondisi tidak aman dan tidak kondusif, maka capaian tujuan pembangunan tidak akan bisa maksimal.

Al Haris menuturkan, FKDM menjadi salah satu wadah yang berperan penting dalam upaya mewujudkan keamanan dan kondisi yang kondusif, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Dewan Penasehat FKDM mempunyai tugas pokok merumuskan bahan kebijakan dalam memelihara kewaspadaan dini masyarakat dan para pengurus FKDM mempunyai tugas pokok memfasilitasi, membina, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat di daerah.

“Saya mengajak FKDM Provinsi Jambi dan FKDM Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan sinergi, meningkatkan kesatupaduan untuk meningkatkan kinerja, juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kondisi aman dan kondusif”, kata Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengungkapkan, FKPT juga merupakan elemen penting untuk mewujudkan kondisi aman dan stabil, yang fungsinya saling mendukung dengan FKDM.

“Saya juga menaruh harapan yang sama kepada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Jambi, agar terus meningkatkan kinerja dengan terus meningkatkan komunikasi, koordinasi, sinergi, dan kolaborasi semua pengurus dan dengan semua pemangku kepentingan, ungkap Al Haris.

Saya mengharapkan agar semua pengurus yang dikukuhkan bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, serta didorong oleh kepedulian yang tinggi kepada masyarakat Provinsi Jambi”, pesan Al Haris.

“Saya yakin masyarakat Provinsi Jambi mendukung upaya kita untuk menjaga keamanan, kerukunan, dan kekondusifan Provinsi Jambi. Kecepatan dan ketepatan kita dalam merespon dan mengelola informasi, isu, serta persoalan merupakan faktor yang sangat menentukan, dan kolaborasi kita semua merupakan kunci kesuksesan”, pungkas Al Haris.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi Mukti Said mengatakan, tujuan terlaksananya acara yaitu : pertama adalah sebagai wadah tokoh-tokoh masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat gunan mewujudkan ketentraman, ketertiban umum, dan stabilitas keamanan, yang kedua adalah mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan melalui pendeteksi dini dan pencegahan dini dan yang terakhir adalah mewujudkan pemahaman dan kemampuan aparat kesatuan bangsa dan politik Provinsi Jambi maupun Kabupaten/Kota. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here