Beranda Headline MIRIS !!! Kantor Balai Desa Limansari Kecamatan Buaymadang Timur Diduga Jarang Bukak

MIRIS !!! Kantor Balai Desa Limansari Kecamatan Buaymadang Timur Diduga Jarang Bukak

| 156

DOKUMETASI FOTO : MIRIS !!! Kantor Balai Desa Limansari Kecamatan Buaymadang Timur Diduga Jarang Bukak.

BREAKINGNEWS, KHAMTIBMAS, OKU TIMUR, Tabirnews.com — Kantor balai desa Liman sari kecamatan buaymadang timur Kabupaten Okutimur Sumatra Selatan jarang bukak, hasil pantawan media TABIRNEWS sudah dua kali berkunjung ke kantor balai desa namun tidak pernah ada yang masuk ngantor di balai desa Liman sari, 13 April 2022.

Saat di konfirmasi salah satu warga yang enggan disebutkan namanya megatakan, “Kantor balai desa ini kadang kadang bukak, Kadang kadang enggak bukan,” ujarnya.

Saat di konfirmasi namun rumahnya selalu tutup jarang bukak, Kantor Desa merupakan tempat pelayanan untuk warga masyarakat.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Undang-Undagn Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, secara eksplisit dijelaskan bahwa desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan.

Kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terhadap pelaksanaan pengaturan desa tersebut dilakukan oleh pemerintah desa yang dipimpin oleh kepala desa.

Maka desa dengan hak otonomi khusus bisa mengatur sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakatnya termasuk terhadap proses penyelenggaraan pelayanan publik di wilayah administratif desa.

Karena dengan pemberian hak otonomi tentu juga melekat kewajiban yang harus dilakukan oleh pejabat desa dan tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Tidak serta merta desa “seolah-olah” terlepas dari pengawasaan dan pembinaan pemerintah kabupaten/provinsi maupun lembaga pengawas pemerintah lainnya.

Sama hal nya dengan instansi pemerintah lain, maka pemerintah desa merupakan instansi penyelenggara layanan untuk masyarakat desa yang dalam pengelolaan layanan juga wajib berpedoman pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ,, agar pemerintah daerah kabupaten okutimur untuk memberikan teguran.

LAPORAN KHUSUS : INDRA S / TEAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here