Beranda Sumatera Bungo Jamran Kecamatan Pelepat Tahun 2020 Resmi Dibuka

Jamran Kecamatan Pelepat Tahun 2020 Resmi Dibuka

| 190

Bungo, tabirnews.com – Sebanyak 28 SD/MI dan 9 SMP/MTs sederajat mengikuti Jambore Ranting (Jamran) Tahun 2020 tingkat Kecamatan Pelepat yang dilaksanakan di Dusun Sungai Beringin Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Jum’at sore (13/03/2020) resmi dibuka.

Acara diawali dengan pembukaan Jamran yang ditandai dengan laporan Ketua Panitia Amir Syaripudin, S Ag.

Disampaikan oleh Amir bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan acara 5 tahunan dan sudah program nasional yang wajib diikuti semua tingkat penggalang di seluruh Indonesia.

“Jamran ini digelar 5 tahunan dan sudah menjadi program nasional yang wajib diikuti semua tingkat penggalang di seluruh Indonesia,” kata Amir.

Kemudian Amir juga mengucapkan selamat datang kepada semua yang hadir. Ditambahkan Ketua Panitia bahwa Upacara Pembukaan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Pelepat Tahun 2020 dilaksanakan berdasarkan :
1. Keputusan Presiden Republik Indanesia Nomor 238 tahun1961 Tentang Gerakan Pramuka.
2 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
3. AnggaranDasar Dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4. Program Kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pelepat.

Sedangkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Jamran Tahun 2020 bertujuan untuk
membina, mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penggalang serta memberikan kepada mereka berbagai kegiatan yang menarik dan menantang.

Pelaksanaan kegiatan Tahun 2020 dilaksanakan pada Tanggal 13 s.d. 15
Maret 2020 bertempat di Bumi Perkemahan Sungai Beringin Kecamatan Pelepat.

Peserta yaitu perutusan dari masing – masing SD/MI,
SMP/MTs, dibawah naungan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pelepat, dengan rincian sebagai berikut :
1. Peserta SMP/MTs sebanyak 211 Orang untuk SD/MI 431 Orang
2. Bindamping untuk SMP/MTs sebanyak 59 Orang dan SD/MI sebanyak 29 Orang
3. Panitia Pelaksana sebanyak 60 Orang
4. Konsultan Kwarcab Bungo sebanyak 3 Orang.
Jadi jumlah keseluruhan dalam kegiatan ini sebanyak 793 Orang.

Biaya Jamran Tahun 2020 ditanggung secara Gotong Royong yaitu dari luran
Peserta dan Bindamping, luran 35 % dari Gudep dibawah naungan Kwartir Ranting Pelepat serta Sumbangan yang sah dan tidak mengikat,” jelas Amir Syaripuddin, S Ag.

Sebelum menutup laporan Ketua Panitia meminta kepada Kakak Pembina Upacara kiranya berkenan untuk membuka kegiatan ini secara resmi.

Sedangkan sambutan Ketua Kwarcab Bungo Drs Tobroni Yusuf MM yang diwakilkan oleh Sekretaris Kwarcab Satrian Devi S Pd I dalam sambutannya meminta agar setiap anggota Pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam
menjaga, dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta mengamalkan Pancasila.

Dilanjutkannya pada usia
Penegak dan Pandega ini merupakan masa pencarian jati diri, namun pada kenyataannya banyak generasi muda yang kemudian justru salah arah dalam upayanya untuk mencari
jati diri.

Oleh karena itu, kegiatan Jambore Ranting Kwartir Ranting Pelepat ini, merupakan wadah yang tepat bagi para pemuda- pemudi harapan bangsa, dalam upaya untuk pencarian jati diri dengan mengaktualisasikan diri dalam kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkannya mampu membentuk sikap dan perilaku yang positif, dengan ditandai penguasaan keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.

Sehingga, dengan sikap-sikap tersebut akan menjadikan manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri
serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Hadirin yang berbahagia, dengan Kegiatan Jambore Ranting Kwartir Ranting Pelepat ini merupakan implementasi wawasan kebangsaan dan praktek nyata kehidupan yang harus ditanamkan kepada anak-anak
sejak dini, sehinga anak-anak bisa mandiri, setia kawan serta ringan tangan,” kata Satrian Devi.

Selain itu, melalui kegiatan Jambore Ranting ini juga merupakan wujud pembinaan dan persaudaraan, kekeluargaan, pengetahuan, pengamalan dan keterampilan para Pramuka Penggalang, karena Kegiatan ini telah disesuaikan dengan keperluan, keingian, kepentingan dan perkembangan, bagaimanapun Kegiatan ini mempunyai nilail luhur yang lebih jauh dari sekedar Perkemahan.

Ada upaya peningkatan kita semua sadar bahwa anak-anak dan pemuda Indonesia, perlu dididik untuk menjadi manusia dan warga Negara Republik Indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur, cerdas, cakap, tangkas, terampil dan rajin serta sehat jasmaniah dan rohanian yang berpancasila dan setia patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan yang berpikir dan bertindak atas landasan-landasan manusia sosial Indonesia sehingga
dengan demikan anak-anak pemuda Indonesia menjadi kader pembangunan yang cakap dan bersemangat menyongsong masa depannya.

Kepada Seluruh Peserta Jambore Ranting Kwartir Ranting Pelepat, Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, ikutilah kegiatan ini dengan baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” paparnya sambil membuka kegiatan Jambran secara resmi.

Dilanjutkan penyematan tanda peserta oleh Ketua Kwarcab Bungo Drs Tobroni Yusuf MM yang diwakilkan oleh Sekretaris Kwarcab Satrian Devi S Pd I kepada perwakilan peserta Jamran.

Setelah diberikan tanda peserta dilanjutkan dengan kunjungan Kakwarcab ke kemah kemah peserta didampingi oleh Camat Pelepat Abasri, Kakwaran Pelepat Kameludin S. Pd dan para penasehat maupun sesepuh Pramuka Kecamatan Pelepat. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here