Beranda Headline “Tinjau Rumah Baca Di Desa Sumur Kecamatan Ketapang, Bunda Winarni : Saya...

“Tinjau Rumah Baca Di Desa Sumur Kecamatan Ketapang, Bunda Winarni : Saya Harap Dapat Tingkatkan Minat Baca Masyarakat”

| 139

BREAKING NEWS–LAMPUNG SELATAN–Tabirnews.com–Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto meninjau Rumah Literasi, yang berada di Desa Sumur Kecamatan Ketapang, pada Minggu (13/3/2022).

Rumah Literasi atau yang dikenal juga dengan Rumah Baca itu, dapat terwujud atas kerjasama antara Pemerintah Desa dan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa/i dari STAI YASBA Kalianda.

Salah satu perwakilan dari Mahasiswa KKN STAI YASBA Kalianda mengungkapkan, Rumah Baca tersebut merupakan salah satu Program Inovasi dari Pemerintahan Desa untuk membantu masyarakat khususnya anak-anak dalam hal membaca.

Menurutnya, masih banyak anak-anak di Desa Sumur yang kesulitan dalam membaca, sehingga dibutuhkan wadah yang dapat membimbing anak-anak untuk mencapai hal tersebut. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN ini juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah untuk melengkapi buku-buku yang bisa menarik minat anak-anak untuk gemar membaca.

“Masih banyak anak-anak yang kesulitan dalam membaca bahkan yang sudah sekolah, maka dari itu kami dan pemerintahan desa bekerjasama untuk mengupayakan Rumah Baca ini,” ungkapnya.Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto sangat mengapresiasi, terwujudnya Rumah Baca di Desa Sumur. Dirinya berharap, hal tersebut bisa membantu meningkatkan minat baca dari anak-anak dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah ini merupakan kepedulian dari Mahasiswa dan pemerintahan Desa untuk menggerakan program Literasi di Desa – desa,” ujarnya.

Menurut Winarni, Rumah Baca merupakan salah satu fasilitas pendukung bagi masyarakat untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan membantu menggali potensi anak. Oleh karenanya, dirinya meminta agar setiap Desa dapat membentuk Rumah Baca.

Dirinya juga menyarankan, agar pemerintahan desa, sekolah, pengusaha bisa berswadaya buku untuk melengkapi buku-buku yang ada di setiap pojok baca setempat.

“Disetiap Dusun yang jauh dari Layanan Pendidikan harus segera dibuat pojok-pojok baca seperti ini, biar mempermudah anak-anak mendapatkan pengetahuan,” kata Winarni.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan melalui Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca memberikan Sertifikat kepada Rumah Baca Desa Sumur atas terwujudnya Rumah Baca. (Nzr/kmf).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here